Perawatan
Nov7

5 Tips Efektif agar Kamar Mandi Tidak Lembab

Bagaimana caranya agar kamar mandi tidak lembab? Kelembaban yang terjadi di kamar mandi sudah dianggap sebagai hal biasa, mengingat kondisi ruangan ini yang selalu dipenuhi air. Namun jika kelembaban ini sudah di ambang batas, tentu bisa mengakibatkan ruangan menjadi tidak sehat. Tidak hanya berisiko menjadi tempat perkembangbiakan kuman, bakteri, dan jamur saja, tetapi juga menyebabkan perlengkapan mandi lebih mudah rusak, terutama yang berbahan kayu dan besi.

Kelembaban di kamar mandi akan semakin meningkat apabila udara terus-menerus terjebak di dalam ruangan. Pembangunan ventilasi udara yang buruk menjadi penyebab utama dari semua masalah ini. Guna mengatasinya, cobalah tips-tips dari Arafuru berikut :

1. Memasang Exhaust Fan

agar-kamar-mandi-tidak-lembab.jpg

Exhaust fan merupakan salah satu jenis kipas elektronik yang dirancang untuk mengeluarkan udara dari dalam ruangan. Kipas ini biasanya dipasang pada plafon atau dinding. Agar kinerjanya lebih efektif, cobalah memasang exhaust fan ini pada plafon yang berseberangan langsung dengan pintu. Selanjutnya, tambahkan juga jalusi dengan posisi miring ke atas sehingga angin akan masuk dari bawah mengenai lantai ruangan dan keluar melalui exhaust fan.

2. Menaruh Buangan AC

tips-agar-kamar-mandi-tidak-lembab.jpg

Daripada anda membuang percuma udara sisa yang keluar dari perangkat AC, anda bisa memanfaatkannya sebagai pengering kamar mandi. Seperti diketahui, udara buangan AC ini bersifat panas, sehingga lebih cepat mengurangi lembab. Pasang komponen AC ini di salah satu sudut kamar mandi yang strategis di mana sering terjadi genangan air pada lantainya.

3. Membangun Cerobong

cara-agar-kamar-mandi-tidak-lembab.jpg

Adanya cerobong juga sangat berguna untuk mengeluarkan udara yang lembab. Sebagaimana sifat udara yang bergerak dari ruangan bertekanan tinggi ke ruang bertekanan rendah, maka kita bisa membangun cerobong asap yang bersuhu panas. Caranya, buat atap cerobong tersebut memakai genteng kaca sehingga memungkinkan sinar matahari bisa masuk ke ruangan. Jangan lupa, buat lubang-lubang kecil di sekeliling dinding cerobong sebagai jalur keluarnya udara.

4. Mengganti Bak dengan Shower

supaya-kamar-mandi-tidak-lembab.jpg

Bak air merupakan sumber utama kelembaban yang terjadi di kamar mandi. Kondisinya yang terbuka menyebabkan air di dalam bak ini terus-menerus menguap. Untuk menghilangkan penguapan yang tidak perlu ini, anda bisa mengganti bak dengan shower. Shower memungkinkan air terus terlindung dari panas matahari, juga lebih menghemat air.

5. Menambahkan Dehumidifier

tips-supaya-kamar-mandi-mungil-tidak-lembab.jpg

Perangkat dehumidifier ini secara khusus dirancang untuk mengurangi kelembaban udara di suatu ruangan. Berbeda dengan kipas yang hanya memutar udara, dehumidifier ini akan menyerap uap air yang terkandung dalam udara sehingga kinerjanya lebih efektif. Meskipun harganya terbilang cukup mahal, anda bisa mempertimbangkan alat ini apabila kondisi kamar mandi anda tertutup dan sangat lembab.