Perawatan
Nov3

5 Resep Pembersih Rumah dari Bahan-bahan Alami

Pembersih rumah alami tentu akan sangat berguna bagi kebutuhan sehari-hari kita. Selain mudah dibuat, pembersih ini pun ramah lingkungan karena tidak memakai bahan kimia sama sekali. Yang tak kalah penting, keampuhannya dalam membersihkan kotoran sudah tidak terbantahkan lagi.

cara-membuat-pembersih-rumah-alami.jpg

Jika anda juga tertarik membuatnya sendiri, berikut ini panduannya dari Arafuru.com :

Pembersih Udara

Apakah di rumah anda seringkali tercium bau tidak sedap? Daripada memakai produk pengharum ruangan, namun khawatir dengan kandungan kimianya, anda bisa membuat sendiri pengharum ruangan dari berbagai bahan alami. Caranya, siapkan 1 gelas air lalu tambahkan minyak esensial beraroma papermint, kenanga, lavender, dan rosemary. Kemudian, aduk hingga bahan-bahan ini tercampur rata. Sebagai opsi tambahan, masukkan suka 1/4 gelas rubbing alkohol ke dalam campuran tadi. Anda bisa meletakkan pembersih udara ini di sudut-sudut ruangan yang strategis. Untuk resep pengharum ruangan lainnya, kami pernah mengupasnya secara lengkap di sini.

Pembersih Kamar Mandi

Tidak hanya bau, kamar mandi juga identik dengan noda yang membandel. Daripada memakai pembersih kimia yang beraroma menyengat, anda bisa mengandalkan pembersih alami yang satu ini. Pertama-tama, buatlah cairan pembersih dari campuran air, minyak zaitun, serta minyak esensial beraroma kayu putih, lemon, atau lavender. Semprotkanlah cairan ini ke shower dan bathtub. Kemudian, gosok dengan spons sampai merata. Selanjutnya, bilas dengan air hangat dan lihat hasilnya.

Pembersih Jendela

Karena berhubungan langsung dengan area luar, jendela, terutama bagian kacanya mudah sekali kotor. Begitu juga untuk membersihkan jendela kotor ini, terbilang sangat gampang kok. Anda hanya memerlukan campuran cuka dan air dengan perbandingan 1:4. Berikutnya, semprotkan cairan ini ke arah jendela, lalu gosok memakai kain microfiber. Jendela pun tampak kinclong kembali.

Pembersih Noda Membandel

Noda membandel butuh pembersih yang bersifat kuat agar mampu mengangkat semua bekas-bekasnya. Anda bisa membuat pembersih ini dari campuran 1 gelas baking soda, minyak esensial beraroma lemon dan kayu putih, serta 1/4 gelas minyak zaitun. Setelah itu, teteskan campuran ini di atas permukaan noda membandel tadi dan tunggu beberapa saat agar kandungannya menyerap di permukaan. Selanjutnya, anda tinggal menghapus noda tersebut memakai kain lembab dengan menekan-nekan permukaannya.

Pembersih Multiguna

Jika anda ingin pembersih alami yang bisa digunakan untuk keperluan apa saja, cobalah resep yang satu ini. Campurkan minyak esensial dari lemon, kayu manis, kayu putih, dan rosemary lalu aduk agar tercampur rata. Kemudian, tambahkan 1 gelas air, 1 gelas hidrogen peroksida, dan 1/2 sendok teh minyak zaitun. Anda bisa memanfaatkan cairan ini untuk membersihkan semua sudut interior rumah karena kandungannya bersifat netral. Masukkan cairan ini pada botol spray agar lebih mudah digunakan.

Selamat mencoba!