5 Obat Alami Pengkilap Granit Paling Bisa

Apa sih obat alami yang dapat digunakan untuk mengkilapkan granit? Granit merupakan lantai dengan nilai keindahan yang tinggi. Banderolnya yang mahal dan pesonanya yang sangat menarik membuat lantai ini begitu berharga. Lantai granit juga memiliki kilauan yang indah sekali sehingga menimbulkan kesan mewah yang mendalam. Tak ayal, granit menjadi salah satu pilihan lantai terbaik untuk menghiasi desain rumah elegan.

Agar daya tariknya senantiasa terjaga, kebersihan lantai granit harus dijaga setiap saat. Pastikan tidak ada kotoran yang ada di permukaan lantai tersebut. Begitu pula jika lantai terkena noda, segera bersihkan secepat mungkin supaya tidak menjadi noda membandel yang sulit dihilangkan. Menyapu dan mengepel lantai granit wajib dikerjakan setiap hari sehingga kondisinya selalu terawat dan bebas dari kuman.

cara-mengkilapkan-lantai-granit.jpg

Sayangnya kilauan pada permukaan lantai granit akan memudar seiring dengan berjalannya waktu. Anda tidak bisa mencegah terjadinya peredupan tersebut karena prosesnya berlangsung secara alami. Pekerjaan yang bisa Anda lakukan ialah memperlambat lantai granit memudar atau mengembalikan kilauan pada permukaannya. Faktanya ada bahan-bahan alami yang dapat digunakan untuk mengkilapkan granit.

  1. Ampas Kelapa

Kami pernah menjelaskan di sini kalau ampas kelapa bisa digunakan untuk mengkilapkan permukaan suatu material. Hal ini tidak terlepas dari kandungan minyak yang terdapat di dalamnya. Minyak inilah yang nantinya akan terserap ke pori-pori granit sehingga menimbulkan efek kilauan. Anda tinggal mengepel permukaan lantai granit menggunakan ampas kelapa sesering mungkin.

  1. Minyak Zaitun

Anda percaya kalau minyak zaitun bisa mengkilapkan lantai granit? Mungkin Anda berpikir kalau pemberian minyak zaitun pada lantai granit justru akan mengakibatkan permukaannya menjadi semakin berminyak dan licin. Namun kenyataannya adalah lantai justru lebih bersih dan mengkilap apabila sering dipel menggunakan minyak zaitun. Warna lantai pun menjadi lebih cerah dan terlihat seperti baru.

  1. Ampas Teh

Anda senang menikmati secangkir teh di pagi atau sore hari? Daripada ampasnya dibuang begitu saja mendingan Anda gunakan untuk membersihkan lantai granit. Tahukah Anda, ampas teh bisa dimanfaatkan sebagai bahan pembersih permukaan lantai. Warna lantai akan menjadi semakin gelap sehingga menimbulkan kesan yang kuat dan kokoh. Lantai pun tidak akan kehilangan kilauannya.

  1. Baking Soda

Bagi Anda yang sering membuat kue pasti mempunyai simpanan baking soda kan? Baking soda selain bisa digunakan untuk mengembangkan adonan kue, juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan pembersih lantai. Untuk membuat obat pengkilap lantai dari baking soda, Anda harus mencampurkannya dengan pasta gigi putih. Selanjutnya pakailah bahan ini saat mengepel lantai granit.

  1. Cuka

Bahan alami terakhir yang juga bisa diaplikasikan sebagai pengkilap lantai ialah cuka. Cuka akan membuat permukaan lantai Anda semakin bersinar apabila sering digunakan. Bahan ini pun dapat diandalkan untuk membersihkan noda yang membandel loh. Caranya adalah campurkan setengah cangkir cuka dan seember air bersih. Tambahkan beberapa tetes air sari lemon supaya aromanya segar. Campuran ini lantas dipakai untuk membersihkan lantai.