Perawatan
Feb15

5 Manfaat Kopi yang Belum Anda Ketahui

Apakah anda termasuk salah satu pecinta kopi? Kopi merupakan salah satu serbuk untuk minuman yang disukai oleh hampir semua orang. Tahukah anda, selain untuk dinikmati dengan cara diminum, ternyata bubuk kopi juga dapat digunakan untuk merawat rumah dan lingkungan sekitarnya lho.

manfaat-kopi.jpg

Bubuk Kopi

Berikut ini kegunaan-kegunaan lain dari kopi yang mungkin belum anda ketahui :

1. Untuk Menghilangkan Goresan di Furnitur

Bubuk kopi ternyata bisa digunakan untuk menghilangkan goresan pada furniture kayu dan mengkilapkan permukaannya. Adapun caranya sangat mudah, bahkan anda bisa memanfaatkan ampas kopi yang tersisa dari seduhan kopi. Selanjutnya, oleskan bubuk kopi tersebut menggunakan bantuan cotton bud tepat pada permukaan furnitur yang tergores. Biarkan selama beberapa saat agar bereaksi. Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih untuk menghilangkan bubuk kopi tadi.

2. Untuk Melenyapkan Bau Apek

Kopi memiliki aroma khas yang sangat kuat. Itu sebabnya, kopi juga sangat efektif membasmi bau apek yang ada di rumah, khususnya di dalam lemari es. Anda hanya perlu menaruh beberapa sendok serbuk kopi ke dalam mangkuk kecil, kemudian letakkan di dalam kulkas. Niscaya, bau tidak sedap di dalamnya pun lenyap seketika.

3. Untuk Mengusir Semut dan Siput

Apakah di sekitar rumah anda sering tampak serangga mengganggu berkeliaran? Jika iya, kopi dipercaya ampuh dalam mengusir beberapa serangga pengganggu seperti semut dan siput. Cobalah menaburkan bubuk kopi ini di sudut-sudut yang sering dilalui serangga tersebut untuk menghalaunya.

4. Untuk Membersihkan Noda Membandel

Kopi untuk menghilangkan noda? Sepertinya mustahil ya. Namun ternyata anda bisa memanfaatkan biji kopi yang digiling kasar sebagai ampelas yang sangat efektif. Tetapi, berhati-hatilah dengan permukaan perabotan yang mudah lecet. Jangan sampai karena ingin menghilangkan noda, justru permukaan furnitur tersebut rusak.

5. Untuk Menyuburkan Tanaman Hias

Manfaat lainnya dari bubuk kopi adalah anda bisa memakainya sebagai pupuk tanaman. Hal ini tak lain berasal dari kopi yang mengandung asam untuk menyuburkan tanah. Taburkan 3/4 cangkir kecil bubuk kopi ke pot tanaman setiap sebulan sekali. Nutrisi yang terkandung dalam bubuk kopi ini selanjutnya akan diserap akar tanaman, sehingga tumbuh subur.