Perawatan
May9

5 Cara Tuntas Menghilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi

Bagaimana cara menghilangkan bau tak sedap di kamar mandi? Kamar mandi seharusnya menjadi ruangan yang paling bersih mengingat fungsinya sebagai tempat membersihkan diri. Namun apabila ruangan ini kurang mendapatkan perawatan secara berkala, yang ada kamar mandi pun terlihat penuh noda dan terkesan jorok. Parahnya lagi, kamar mandi yang jarang dibersihkan akan mengeluarkan bau tak sedap yang susah dihilangkan.

cara-menghilangkan-bau-tak-sedap-di-kamar-mandi.jpg

Kamar Mandi

Seperti kita ketahui, kamar mandi yang kotor merupakan sarang berbagai kuman dan penyakit. Membersihkan ruangan ini secara rutin sangat disarankan untuk mencegah berkumpulnya bakteri penyebab bau busuk. Tetapi jika bau tak sedap masih saja tercium walaupun ruangan sudah dibersihkan, cobalah kiat-kiat berikut ini :

1. Manfaatkan Cuka dan Baking Soda

Cuka dan baking soda dikenal ampuh dalam mengusir aroma-aroma tidak sedap. Cobalah taburkan baking soda di lantai kamar mandi secara menyebar, terutama di sekitar kloset. Jangan lupa teteskan juga beberapa sendok cuka agar bau cepat lenyap. Tunggu sekitar 1-2 jam supaya kedua pembersih alami ini bekerja optimal. Terakhir siram kamar mandi dengan air bersih. Selain ampuh mengusir bau, metode ini juga berguna untuk mengangkat noda-noda membandel di lantai.

2. Segarkan dengan Lemon

Lemon mempunyai aroma yang begitu segar. Percayakah anda, aroma ini juga sangat efektif digunakan untuk melenyapkan bau busuk di kamar mandi. Penerapannya sangat mudah. Anda cukup memotong buah lemon menjadi dua bagian, lalu masukkan ke dalam mangkuk kecil. Letakkan mangkuk ini di sudut kamar mandi yang kering agar lemon tidak mudah membusuk.

3. Taruh Minyak Aromaterapi

Minyak aromaterapi juga mempunyai aroma wangi yang begitu kuat. Hebatnya lagi, aroma tersebut dapat digunakan untuk mengharumkan ruangan sekaligus menciptakan suasana kamar mandi yang menenangkan. Memakai minyak aromaterapi untuk menghilangkan bau tak sedap terbilang gampang. Anda hanya perlu mencampurkan beberapa tetes minyak aromaterapi dengan segelas air. Lalu menyiramkannya secara acak ke seluruh sudut kamar mandi. Bisa juga dengan menghadirkan minyak aromaterapi dalam bentuk lilin agar aromanya bisa bertahan lebih lama.

4. Pasang Exhaust Fan

Jika anda memiliki anggaran yang berlebih, pasanglah exhaust fan di dalam kamar mandi. Tujuannya agar sirkulasi udara di ruangan ini bisa berputar dengan lancar. Tidak seperti fan pada umumnya, exhaust fan berguna untuk membuang udara di suatu ruangan menuju keluar. Dengan demikian, udara yang lebih bersih dan segar akan terus mengisi kamar mandi secara bergantian.

5. Memasukkan Tanaman Hias

Tanaman hias juga diklaim mampu mengubah udara kotor di kamar mandi menjadi udara bersih yang penuh dengan oksigen. Ada baiknya, tanaman yang dipilih adalah tanaman berdaun lebar dan tahan terhadap kelembaban tinggi. Selain itu, pilih tanaman yang berukuran kecil hingga sedang agar keberadaannya tidak menyesaki ruangan. Atur penempatan tanaman-tanaman sedemikian rupa sehingga membuat kamar mandi terlihat lebih indah dan sedap dipandang.