Perawatan
Oct4

5 Cara Simpan Sepatu Agar Awet

Salah satu cara agar sepatu anda awet, anda perlu menyimpannya dengan benar. Sepatu yang disimpan rapi membuat bentuknya tetap terjaga. Sebaliknya, peletakan sepatu yang asal-asalan mengakibatkannya mudah rusak.

cara-menyimpan-sepatu-agar-awet.jpg

Lantas, bagaimana cara menyimpan sepatu yang benar?

1. Pastikan Sepatu Bersih

Biasakanlah membersihkan permukaan sepatu terlebih dulu sebelum anda menyimpannya. Sepatu yang bersih akan menjamin tempat penyimpanannya pun ikut bersih. Sebaliknya, sepatu yang kotor akan meninggalkan debu-debu di tempat penyimpanan tersebut. Kotoran yang menumpuk tentu akan menjadi sarang kuman dan bakteri hingga akhirnya akan merusak sepatu anda.

2. Simpan dalam Posisi Berdiri

Menyimpan sepatu memang bisa dalam berbagai posisi. Namun untuk sepatu yang sering dikenakan, usahakan anda menyimpannya dalam posisi diberdirikan. Kenapa? Posisi ini memungkinkan bagian dasar sepatu tetap teraliri udara sehingga lingkungan pun tidak lembab. Peletakan sepatu juga jangan dilakukan secara bertindihan karena bisa merusak bentuknya.

3. Memasukkan Gumpalan Kertas

Bagian lubang masuknya kaki merupakan bagian sepatu yang paling rawan rusak dan sobek. Untuk meminimalisir kemungkinan ini, anda bisa memasukkan gumpalan kertas ke dalam lubang tersebut. Pastikan diameter ukuran kertas tidak kebesaran, yang justru bisa mengendorkan permukaan sepatu. Fungsinya, gumpalan ini yang akan menjaga bentuk lubang agar tetap sama seperti sediakala. Selain itu, adanya kertas yang menyumpal juga akan menghalangi serangga dan kotoran agar tidak bisa masuk ke sepatu.

4. Berikan Silica Gel

Untuk sepatu yang disimpan di kotak, anda bisa memasukkan silica gel ke dalamnya. Fungsi silica gel ini adalah mengatur tingkat kelembaban di dalam kotak. Kelembaban yang terlalu tinggi bisa menjadi penyebab tumbuhnya jamur. Sedangkan, jika terlalu kering permukaan sepatu pun menjadi retak-retak bahkan sol-nya bisa lepas.

5. Pakai Sepatu Secara Bergilir

Kebanyakan benda semakin jarang dipakai, semakin awet. Hal sebaliknya justru berlaku pada sepatu. Sepatu yang jarang digunakan akan mudah rusak terutama karena minim perawatan. Jadi, pastikan anda mengenakan sepatu secara berganti-ganti ya!