5 Cara Merawat Kamera DSLR yang Benar

Apakah anda ingin merawat kamera DSLR tetapi belum mengetahui caranya? Tren kamera DSLR di Indonesia semakin meningkat. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui bentuk perawatan yang tepat untuk kamera ini. Padahal perawatan yang tepat akan memperpanjang usia pakai kamera canggih dengan harga mahal ini.

Berikut ini tips-tips merawat kamera DSLR dari Arafuru.com :

1. Lindungi Lensa Kamera

Tutup lensa kamera ketika sedang tidak digunakan dan pasangkan filter UV untuk melindunginya dari debu dan goresan. Begitu pun saat menyimpannya, tempatkan kamera dalam posisi terbalik agar tidak kecipratan air. Harga lensa yang mahal akan membuat anda tekor jika harus menggantinya secara rutin.

2. Sediakan Tas Khusus Kamera

Jangan ragu-ragu untuk membeli tas khusus kamera DSLR kesayangan anda. Sebab hal ini akan sangat berguna terutama ketika anda membawanya bepergian. Kamera akan tetap aman dari debu, terik matahari, dan hujan. Pastikan di dalam tas tersebut telah dilengkapi busa yang mampu menahan posisi kamera dengan erat.

3. Simpan di Ruangan Bersuhu Normal

Seperti kita ketahui, suhu ekstrim akan merusak perangkat elektronik secara perlahan, termasuk kamera DSLR. Suhu panas mampu menyebabkan kerusakan, khususnya pada lensa kamera. Sebaliknya, suhu penuh uap air (lembab) lambat laun akan masuk melalui celah di casing dan merusak komponen-komponen internalnya.

4. Bersihkan Secara Berkala

Bagian dalam dan luar kamera DSLR juga perlu dibersihkan secara berkala agar debu-debu yang menempel lenyap dan kondisinya pun bersih seperti baru. Namun, untuk membersihkan kamera ini terbilang cukup sulit karena komponen-komponen penyusunnya cukup rumit dan berukuran kecil. Salah-salah, justru kamera anda yang jadi korbannya. Solusinya, anda bisa mempercayakan ke jasa pembersihan kamera DSLR yang bergaransi.

5. Selalu Bersihkan Lensa

Untuk membersihkan lensa kamera terbilang mudah, sebab anda hanya membutuhkan kain pembersih khusus lensa saja. Adapun caranya cukup dengan menyeka lensa dengan kain tersebut secara pelan. Jangan pernah menggunakan kaos atau tisu sebab bisa meninggalkan goresan di lensa tersebut.