Perawatan
Jun10

5 Cara Menghilangkan Noda Permen Karet yang Menempel

Bagaimana cara menghilangkan noda permen karet yang menempel kuat? Pernahkah anda menjumpai karpet, sepatu, tas, jeans, baju, taplak meja, atau gorden di rumah tertempeli permen karet? Pastinya hal tersebut sangat menjengkelkan ya, mengingat bekas permen karet ini bisa menjadi noda membandel yang sulit sekali dibersihkan layaknya noda tetesan lilin.

cara-menghilangkan-noda-permen-karet.jpg

Jeans

Sah-sah saja apabila anda menggunakan cairan pembersih kimia untuk menghapus noda dari permen karet. Namun seringkali cairan tersebut malah merusak barang-barang kesayangan anda, terutama jika sifatnya terlalu keras. Oleh sebab itu, tak ada salahnya anda mencoba kiat-kiat dari kami berikut ini :

Kiat Pertama

Kiat pertama adalah dengan memasukkan barang-barang yang terkena permen karet ke dalam freezer. Tujuannya supaya permen karet mengeras dan mudah dihilangkan. Untuk melepas noda tersebut, gunakan ujung kartu ATM atau kuku anda. Jangan sekali-kali memakai pisau sebab bisa merusak struktur barang.

Kiat Kedua

Kiat kedua adalah dengan menuangkan cuka putih tepat pada permukaan benda yang tertempel karet. Sifatnya yang asam membuat cuka mampu mengurai partikel permen karet dan memperlemah daya rekatnya. Biarkan cuka tetap menempel di permukaan benda selama beberapa saat. Setelah itu, anda bisa mencucinya dengan deterjen sampai bersih.

Kiat Ketiga

Kiat ketiga adalah memanfaatkan pembersih kuteks untuk menghilangkan noda permen karet. Tentu caranya sangat sederhana. Kuaskan pembersih kuteks tersebut tepat pada permen karet secara merata, lalu tunggu selama 10-15 menit. Berikutnya, anda bisa mengangkat permen karet ini dengan mudah memakai sikat.

Kiat Keempat

Untuk kiat yang keempat, cobalah membersihkan noda permen karet dengan alkohol isopropil. Pada prinsipnya, kerja alkohol isopropil ini mirip seperti kuteks yang akan memecah daya rekat permen karet agar gampang dilepaskan. Ambil spons, lalu celupkan ke dalam alkohol isopropil dan gosokkan ke permen karet. Biarkan selama beberapa saat agar caira bekerja, lantas anda bisa melepaskannya menggunakan ujung kartu.

Kiat Kelima

Kiat yang terakhir, anda bisa memanaskan benda supaya permen karet terlepas sendiri. Pertama, lapisi noda permen karet menggunakan koran. Kedua, gosok koran tersebut memakai setrika yang bersuhu cukup panas. Lantas, panas akan menlumerkan permen karet dan langsung menempel pada koran. Ketiga, untuk permen karet yang susah dilepaskan, anda bisa menyemprotoya terlebih dulu memakai hairspray lalu panaskan kembali dengan setrika.