Perawatan
May21

5 Cara Membasmi Jentik Nyamuk di Bak Mandi

Apakah anda berniat untuk membasmi jentik nyamuk di bak mandi dengan cepat? Salah satu tempat favorit bagi nyamuk untuk bertelur dan berkembang biak adalah kamar mandi. Selain ruangannya yang lembab, ketersediaan air tenang yang melimpah juga menjadi faktor pertimbangan nyamuk suka dengan tempat ini. Jentik-jentik nyamuk yang keluar dari telurnya membutuhkan banyak air sebagai habitat sementaranya.

Masalah bak mandi yang dihuni oleh jentik-jentik nyamuk hampir pernah dirasakan oleh semua orang. Ini dikarenak bak mandi merupakan penampungan air yang tidak tertutup, sehingga memudahkan nyamuk untuk menemukan tempat ideal ini.

membasmi-jentik-nyamuk.jpg

Berikut ini Arafuru.com bagikan cara-cara untuk memberantas jentik nyamuk di bak mandi yang telah terbukti efektif :

1. Menguras Bak Mandi Secara Rutin

Dari dulu hingga sekarang, menguras bak mandi merupakan cara paling efektif untuk menjamin bak mandi anda bebas dari jentik nyamuk. Pengurasan harus dilakukan secara rutin, minimal seminggu dua kali. Pada saat melakukan pengurasan air ini, sebaiknya dinding bak mandi juga perlu disikat sampai bersih untuk menyapu telur-telur nyamuk yang menempel di dinding tersebut.

2. Memelihara Ikan Cupang

Bagi anda yang ingin membasmi jentik nyamuk, memelihara ikan cupang di bak mandi bisa menjadi solusi alternatifnya. Seperti kita tahu, ikan cupang sangat menyukai jentik nyamuk. Bahkan, ikan ini mampu menghabiskan jentik nyamuk dalam jangka waktu yang sangat cepat.

Namun sayangnya, pemeliharaan ikan di bak mandi terkadang membuat air di dalamnya menjadi amis. Oleh sebab itu, kami menyarankan untuk memeliharanya seekor saja. Namun bagi anda yang nantinya merasa enggan untuk mandi di air yang ada ikannya, silahkan lewati cara kedua ini.

3. Daun Sirih

Ramuan pembersih alami di Indonesia hampir selalu menggunakan daun sirih sebagai komposisinya. Hal ini karena daun sirih mengandung senyawa antiseptik yang cukup tinggi. Kabar baiknya, senyawa ini juga bisa anda gunakan untuk membasmi jentik-jentik nyamuk.

Pertama-tama, siapkan beberapa lembar daun sirih lalu iris tipis-tipis. Daun yang sudah diiris halus ini kemudian ditaburkan begitu saja ke dalam bak mandi untuk mencegah nyamuk berkembang biak di sana. Sebagai alternatifnya, anda bisa menggunakan air rebusan daun sirih sebagai antiseptik alami.

4. Daun Jeruk Nipis

Sama seperti daun sirih, daun jeruk nipis juga bisa anda gunakan sebagai pembasmi jentik nyamuk alami. Bedanya, daun jeruk nipis memiliki aroma yang segar sehingga membuat kamar mandi pun terbebas dari bau tidak enak. Adapun cara menggunakannya masih sama, yakni dengan cara mengirisnya sampai halus kemudian menaburkannya ke bak mandi.

5. Produk Antiseptik Modern

Di tahun 2014, sudah banyak produk antiseptik yang tersedia di pasaran. Produk-produk ini bisa anda gunakan untuk menjaga kebersihan air di bak mandi secara efektif. Produk ini terbukti ampuh karena sudah melalui serangkaian ujicoba klinis. Adapun produk yang kami rekomendasikan adalah serbuk Ab*te dan produk De*t*l cair yang khusus untuk bak mandi.