Perawatan
Jun18

5 Cara Jitu Mengusir Serangga di Interior Rumah

Bagaimana cara jitu mengusir serangga di interior rumah? Keberadaan serangga-serangga terkadang dapat mengganggu tingkat kenyamanan di dalam rumah. Bayangkan serangga seperti kecoa, semut, dan lalat dapat mengotori seisi rumah serta mencemari kebersihan ruangan. Belum lagi, dalam membuat sarangnya, serangga-serangga tersebut juga kerap merusak bangunan.

cara-mengusir-serangga-dari-dalam-rumah.jpg

Kecoa

Lantas, bagaimana sih caranya mengusir dan membasmi serangga-serangga dari rumah dengan efektif?

1. Semprot Memakai Obat Anti Serangga

Sampai saat ini, penyemprotan menggunakan obat anti serangga merupakan cara yang paling efektif untuk mengusir serangga. Pastikan obat tersebut mengandung unsur-unsur kimia yang aman. Semprotkan obat anti serangga ini di sudut-sudut ruangan yang sering dilalui serangga. Jika memungkinkan, carilah sarang serangga yang ada di rumah, lalu semprotkan obat kimia ini ke arahnya. Hindarkan cairan obat ini dari anak-anak dan hewan peliharaan.

2. Bersihkan Seisi Rumah Secara Rutin

Pada dasarnya, serangga berkunjung ke rumah karena ingin mendapatkan makanannya. Jadi, ketika di rumah anda bebas dari sisa-sisa makanan, otomatis serangga pun tidak betah hidup di dalamnya dan pergi keluar. Oleh sebab itu, janganlah malas dalam membersihkan seisi rumah. Berikan perhatikan yang lebih pada dapur sebab ruangan ini merupakan gudang makanan. Usahakan segera sapu makanan-makanan yang tercecer dan letakkan tong sampah agak jauh dari rumah.

3. Tutuplah Lubang Akses Rumah

Serangga masuk ke rumah anda tidak hanya lewat pintu, tetapi juga melalui lubang-lubang ventilasi. Beberapa serangga bahkan juga hobi keluar masuk rumah lewat saluran pembuangan air. Itu sebabnya, anda harus menutup lubang-lubang tersebut guna mencegah semakin bertambahnya jumlah serangga yang bermukim bersama anda sekeluarga. Gunakan kawat kasa atau plastik mika ukuran tebal untuk menutup lubang-lubang tersebut tanpa menghapus kegunaannya.

4. Kapur Ajaib untuk Menghalau Semut

Kapur ajaib juga sangat praktis untuk menghalau semut-semut berkeliaran di dapur dan mencuri makanan. Kapur ini mengandung bahan-bahan kimia yang berkhasiat mengusir serangga seperti semut, kecoa, dan kutu. Pengaplikasiannya pun sangat mudah. Anda cukup menggoreskan kapur ini melingkari lemari makanan dan sudut-sudut dinding yang sering dilalui serangga. Niscaya, dapur pun menjadi steril dari kecoa, semut, dan serangga yang lain.

5. Pastikan Hewan Peliharaan Bebas Kutu

Pembersihan seluruh area rumah sudah dilakukan, tapi tak ada gunanya bila hewan peliharaan anda masih dipenuhi kutu-kutu. Disarankan merawat hewan peliharaan tersebut dengan intensif dan mandikan secara rutin. Lakukan pembasmian kutu menggunakan shampo yang terbukti efektif mengusirnya dan tidak membahayakan hewan peliharaan. Periksakan juga hewan tersebut ke dokter langganan guna memantau kondisi kesehatan dan kebersihannya.