5 Cara Ampuh Mengatasi Septic Tank Bau

Bagaimana cara mengatasi septic tank yang bau? Limbah masuk ke dalam septic tank setiap hari. Semakin lama jumlah limbah tersebut akan semakin banyak. Di dalam septic tank, limbah akan diuraikan sedemikian rupa oleh bakteri. Hasil penguraian tersebut salah satunya berupa gas. Gas yang keluar melalui pipa saluran udara inilah yang menjadi penyebab utama kenapa septic tank bau.

Benar sekali. Bau tidak sedap yang keluar dari septic tank merupakan hasil dari proses penguraian limbah secara alami yang dilakukan oleh bakteri. Beruntung karena bau tersebut akan langsung bercampur dengan udara selepas berada di ruang bebas. Perlu diketahui, jumlah gas yang keluar dari septic tank pada suatu waktu dipengaruhi oleh aktivitas bakteri dan jumlah limbah yang diolah. Jadi bila Anda mencium bau busuk yang begitu menyengat, bisa jadi ini merupakan salah satu pertanda kalau septic tank sudah penuh.

mengatasi-septic-tank-bau.jpg

Ada sejumlah kiat-kiat yang dapat dikerjakan untuk mengatasi septic tank yang berbau busuk, di antaranya :

  1. Mengecek Kondisi Septic Tank

Septic tank yang berbau merupakan salah satu indikasi awal dari penuhnya kapasitas penyimpanan septic tank tersebut. Untuk memastikan dugaan ini, Anda wajib mengecek kondisi septic tank. Mulailah dengan mengguyur air ke kloset, bila air bisa masuk dengan lancar maka septic tank belum penuh. Solusi lain, Anda bisa membuka sedikit bagian penutup septic tank sehingga memungkinkan semua gas yang terjebak di dalamnya bisa keluar.

  1. Memeriksa Saluran Ventilasi Udara

Setiap septic tank wajib dilengkapi dengan saluran udara. Sebab saluran ini memiliki fungsi yang sangat penting yaitu memasukkan oksigen yang dibutuhkan oleh bakteri untuk bertahan hidup serta mengeluarkan gas yang dihasilkan dari proses penguraian limbah. Saluran ini harus dibuat dengan konstruksi yang benar dan tidak boleh asal-asalan. Akibat yang nyata dari pembuatan saluran udara yang sembarangan yakni gas tidak bisa keluar secara maksimal dan baunya dapat mencemari lingkungan di sekitarnya.

  1. Mengubah Ketinggian Pipa

Dari dalam septic tank, gas hasil pengolahan limbah akan keluar melalui saluran udara yang terbuat dari pipa PVC. Agar bau yang terkandung di dalam gas tersebut bisa langsung bercampur dengan udara sehingga tidak terhirup manusia, solusinya adalah merubah ketinggian lubang pengeluarannya. Posisi lubang pengeluaran pada pipa tersebut harus lebih tinggi atau lebih pendek dibandingkan dengan postur tubuh orang pada umumnya. Jika ingin membuat saluran yang tinggi, Anda harus memastikan posisi lubang akhir berada lebih dari 2 m. Sedangkan bila Anda ingin menyembunyikan keberadaan septic tank, buatlah lubang pengeluaran gas pada ketinggian kurang dari 30 cm.

  1. Memasang Filter Khusus

Kini Anda bisa memasang filter khusus pada saluran udara septic tank untuk mengurangi bau yang ditimbulkan oleh gas sisa penguraian limbah. Anda bisa membeli filter semacam ini di toko-toko peralatan rumah tangga terdekat. Anda juga dapat membuat filter sederhana menggunakan bubuk kopi dan kain perca yang digunakan untuk menutupi lubang saluran udara dan mengikatnya memakai karet gelang. Cuma trik ini memiliki risiko besar yaitu gas tidak dapat keluar secara maksimal dari septic tank sehingga berpotensi terjadinya ledakan.

  1. Memasukkan Arang ke Septic Tank

Arang dikenal sebagai filter alami yang mempunyai kinerja yang sangat bagus. Di samping dapat menjernihkan air sumur, arang juga dapat menyerap bau yang terkandung di dalam gas sisa pengolahan limbah. Anda bebas menggunakan arang dari batok kelapa, kayu bakar, atau serbuk gergaji. Arang tersebut lantas dikumpulkan dan diikat sedemikian rupa. Ikatan arang ini lalu dimasukkan ke dalam septic tank dengan posisi tergantung karena terikat pada penutup septic tank.