Perawatan
Dec4

4 Ide Mendaur Ulang Kayu Bekas Menjadi Benda Bernilai

Apakah di sekitar lingkungan anda banyak terdapat kayu bekas yang sudah tidak terpakai lagi? Daripada dibakar atau dibuang, lebih baik anda jadikan suatu aksesoris rumah yang lebih bernilai. Dengan cara ini, anda telah berhasil menjalankan hidup ramah lingkungan sekaligus menambah koleksi hiasan di rumah.

tips-daur-ulang-kayu-bekas.jpg

Sebagai masyarakat yang hidup di negara yang subur dan banyak ditumbuhi pepohonan, kita sudah akrab dengan keberadaan kayu. Yap, sejak dulu kayu menjadi unsur pembentuk rumah masyarakat Indonesia yang cukup penting. Kayu bersifat fleksibel sehingga bisa dibentuk menjadi apa saja, baik itu sebagai dinding rumah maupun furnitur dan aksesorisnya.

Kebanyakan dari kita, kurang menghargai kayu bekas. Kayu yang kami maksud seperti kayu bekas furnitur rusak, kayu yang kotor, potongan kayu tak beraturan, sampai kayu-kayu yang berukuran kecil. Padahal dengan teknik yang sederhana saja, kita bisa mengubah tampilannya menjadi lebih menarik dan mengangkat nilainya.

Berikut ini inspirasi dari kami, tim arafuru.com seputar ide-ide apa saja yang bisa diciptakan dari kayu bekas :

1. Figura

Ide figura menjadi saran kami yang pertama karena selain mudah dibuat, saat ini juga tengah tren memajang figura berbagai ukuran secara berkelompok di ruang tamu. Pertama-tama buatlah sketsa kelompok figura di selembar kertas atau melalui aplikasi desain rumah. Setelah sketsa selesai dibuat, anda tinggal memotog kayu sesuai ukuran dan bentuk yang sudah dirancang tadi. Di sini diperlukan keterampilan untuk menggergaji kayu dengan benar dan rata. Setelah potongan-potongan tersebut selesai dibuat, jangan lupa untuk mengampelas permukaannya agar semakin halus. Langkah terakhir adalah menyusun potongan-potongan tadi menjadi sebuah figura dengan memakai paku kecil ataupun lem.

2. Lukisan

Anda pasti pernah melihat lukisan khas Daratan China kan? Lukisan khas China biasanya menggunakan kayu atau bambu sebagai media lukisnya. Di dalam proses pembuatan ini, kayu yang digunakan perlu dihaluskan terlebih dahulu. Anda bisa melukis kaligrafi arab, hangeul, kanji, mandarin, atau yang lainnya. Untuk pewarnaannya, usahakan warna alami kayu tetap terjaga, sedangkan warna objek gambar bisa memakai warna khusus alam seperti hitam, kuning, atau hijau.

3. Gantungan Kunci

Bagi anda yang kerap melancong, pastinya sering melihat oleh-oleh khas berupa gantungan kunci dari kayu dan jerami. Nah, kenapa tidak bikin sendiri saja. Membuat gantungan kunci dari kayu memerlukan daya imajinasi yang kuat. Anda perlu membuat gambaran secara jelas tentang bentuk yang akan diciptakan. Keterampilan memotong kayu dan merangkainya secara rapi memakai lem sangat diperlukan di sini. Adapun untuk bentuk gantungan kunci yang biasanya dibuat antara lain orang-orangan, vas bunga, ikan, kapal, perahu layar, dan lain-lain.

4. Rak

Rak kayu biasanya dibuat dengan potongan papan yang besar dan panjang. Ide dari kami adalah membuat rak dari potongan-potongan kecil kayu yang dibentuk sama kemudian disusun secara berulang sehingga menghasilkan rak yang unik dan menarik. Yang diperlukan di sini adalah ketelatenan anda untuk memotong kayu dan merangkainya secara rapi. Rak seperti ini bisa dijadikan sebagai hiasan yang cantik di ruang tamu tamu.

Selamat berkreasi dan jangan bosan-bosan mengunjungi Arafuru.com ya! 🙂