Perawatan
Jan5

4 Cara Agar Rumah Tinggal Anda Tidak Bocor

Bagaimana caranya agar atap rumah tidak bocor? Semua orang tentu menginginkan tempat tinggalnya terasa nyaman, termasuk anda. Apalagi pada musim penghujan seperti saat ini, bayang-bayang akan kebocoran genteng seakan menjadi momok tersendiri bagi pemilik rumah.

agar-rumah-tidak-bocor.jpg

Sebenarnya, ada empat cara jitu untuk memastikan rumah anda terhindar dari kebocoran. Simak ulasannya berikut ini.

1. Pastikan Kemiringan Atap Minimal 30 Derajat

Pada umumnya, bentuk atap rumah dibuat miring bukan atas dasar estetika saja, melainkan lebih ke fungsionalitasnya. Yap, tujuan atap dibentuk miring supaya air hujan yang menimpanya bisa mengalir ke bawah dengan lancar. Tak heran, jika pada atap datar dengan kemiringan kurang dari 30 derajat, maka potensi terjadi kebocorannya lebih besar. Sebaliknya, bila atap dibuat lebih miring dari 30 derajat, dikhawatirkan genteng tersebut mudah lepas dan merosot.

2. Pasang Susunan Genteng dengan Rapi

Tingkat kerapian pemasangan genteng akan sangat menentukan potensi kebocoran dari atap rumah anda. Kecerobohan dan kesalahan dalam pemasangan genteng bisa mengakibatkan susunan genteng tidak rapi. Akibatnya, atap memiliki rongga di sela-selanya yang dapat menjadi jalur masuk air ke dalam rumah. Khususnya saat memasang atap model wuwungan, usahakan penambahan semen dilakukan dengan tepat sehingga tidak memicu rembesan air masuk ke interior rumah.

3. Gunakan Atap Lembaran Biar Lebih Mudah

Menurut bentuknya, atap rumah bisa dibedakan menjadi dua macam yaitu atap berbentuk lembaran dan kepingan genteng. Pemakaian atap dengan bentuk lembaran seperti aspal, seng, dan fiber cement mampu meminimalkan potensi kebocoran. Hal ini disebabkan rongga yang terbentuk di antara susunan atap lembaran kurang dari 30 derajat, sehingga aliran air hujan lebih lancar. Sebaliknya, pada atap berbentuk kepingan genteng seperti tanah liat, keramik, beton, dan kayu memiliki rongga antar susunan yang lebih lebar. Akibatnya, kemungkinan atap bocor pun menjadi lebih besar.

4. Persiapkan Atap Terhadap Cuaca dengan Pondasi Berkualitas

Sebagai pelindung rumah, atap berfungsi sebagai penghalang terik matahari dan curah hujan agar tidak masuk ke rumah dan mengurangi kenyamanan hunian tersebut. Itu sebabnya, daya tahan atap harus kuat karena selalu terkena suhu ekstrim secara terus-menerus. Wajar jika pada atap yang kualitasnya tidak disesuaikan dengan lingkungan sekitar, atap tersebut mudah pecah. Untuk mengantisipasi hal ini, selalu pilih bahan atap rumah yang paling kuat. Begitupun dengan pemasangan atap harus dilakukan secara benar dengan bantuan penyangga yang kokoh.