Perawatan
Nov16

3 Cara Penting dalam Merawat Wadah Plastik

Bagaimana cara merawat wadah plastik yang benar? Kami tebak pasti sebagian besar peralatan dapur di rumah Anda terbuat dari bahan plastik, kan? Material yang satu ini memang mempunyai keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki oleh kaca atau keramik. Tidak gampang pecah, inilah kelebihan utama dari material plastik. Pilihan warna-warninya yang sangat beragam juga menjadi daya tarik yang kuat kenapa seseorang lebih senang menggunakan peralatan makan dan minum dari plastik.

Anda tidak perlu khawatir akan bahaya dari plastik apabila digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan atau minuman. Kenapa? Saat ini sudah ditemukan material plastik khusus yang aman. Jenis bahan baku plastik yang dipakai pun berbeda dari plastik untuk membuatĀ  peralatan tukang, furniture, aksesori, atau pun mainan. Biasanya materialĀ  plastik yang satu ini sudah dilengkapi dengan label Food Grade yang artinya aman dipakai untuk wadah makanan/minuman.

cara-merawat-wadah-plastik.jpg

Sayangnya wadah plastik yang semula tampak begitu cantik ini gampang sekali kotor. Seiring dengan waktu pemakaiannya, ada banyak sekali noda membandel yang menumpuk di sudut-sudut wadah. Meskipun Anda sudah membersihkannya berulang-ulang kali, noda tersebut tidak mau menghilang seakan-akan ditempeli lem. Akibatnya wadah plastik pun menjadi kusam dan tidak sedap dipandang lagi. Solusinya Anda harus memikirkan trik yang cerdas guna menghilangkan semua noda tersebut. Tapi bagaimana caranya?

Cara Membersihkan Noda

Sudah menjadi rahasia umum kalau wadah plastik itu susah dibersihkan. Ada banyak sekali noda membandel yang sulit dihilangkan dari permukaannya meskipun Anda sudah menggosoknya berulang kali. Namun ternyata ada trik mudah untuk mengatasi noda pada wadah plastik. Anda hanya perlu menjemur wadah tersebut di bawah sinar matahari langsung selama 4-5 jam terlebih dahulu.

Setelah itu, siapkan cairan pembersih yang terdiri dari campuran air hangat dan kaporit secukupnya. Biasanya kami menggunakan 1 sendok makan kaporit untuk ditambahkan ke dalam setengah baskom air. Wadah plastik yang sudah dijemur lantas direndam ke dalam cairan pembersih tersebut selama 1-2 jam. Lama-kelamaan noda akan menghilang serta wadah plastik Anda pun menjadi seperti baru lagi.

Cara Mengikis Minyak

Di antara semua noda yang mengotori wadah plastik, noda bekas minyak menjadi momok yang paling menakutkan. Hal ini dikarenakan lapisan minyak yang menempel di permukaan wadah plastik akan sulit sekali dihapus walaupun Anda sudah mencoba membersihkannya berkali-kali. Noda minyak ini tidak ubahnya seperti lem yang menempel sangat kuat dengan pori-pori wadah plastik.

Kami mempunyai trik untuk mengikis minyak yang menyelubungi wadah plastik Anda secara gampang bin mudah. Anda hanya perlu menjemur wadah tersebut terlebih dahulu di bawah matahari yang bersinar terik. Setelah lapisan minyaknya mengering, barulah Anda bisa mencuci wadah tadi. Gunakan campuran deterjen dan lemon untuk membersihkan wadah plastik dari lapisan minyak yang menempel. Kalau masih sulit dihilangkan, Anda bisa merendam wadah tersebut sejenak di dalam air yang sudah dicampur baking soda.

Cara Menghilangkan Bau

Wadah plastik memang gampang sekali berbau. Apalagi jika Anda baru saja menggunakannya untuk menyimpan makanan atau minuman yang memiliki aroma cukup kuat. Meskipun Anda telah mencucinya dengan cairan pembersih terbaik, tetapi bau tersebut masih tercium samar-samar menempel di wadah plastik. Ternyata ada trik yang sangat sederhana untuk mengatasi bau tidak sedap pada wadah plastik loh!

Yap, Anda hanya perlu menyediakan lemon atau jeruk nipis sebagai bahan pembersih alami. Air sari yang terkandung di dalam kedua buah ini mempunyai kemampuan yang sangat baik untuk membersihkan kotoran yang melekat di permukaan wadah plastik. Aroma kuat yang dimilikinya pun ampuh sekali dalam menghilangkan bau tidak sedap. Anda hanya perlu menggosokkan irisan buah lemon/jeruk nipis ke permukaan wadah secara merata. Setelah itu bilaslah di bawah air yang mengalir.