Perawatan
Jun11

3 Cara Mudah Melepas Wallpaper Dinding

cara-melepas-wallpaper-dinding.jpg

Kesulitan saat melepas wallpaper dinding di interior rumah anda? Salah satu ritual penting saat kita ingin menempelkan wallpaper baru adalah melepaskan wallpaper lama terlebih dahulu. Penempelan wallpaper baru ini tidak bisa seenaknya ditumpuk begitu saja di atas wallpaper lama karena akan mengakibatkan daya rekatnya menjadi lemah dan hasilnya pun kurang rapi.

Sebenarnya, ada bermacam-macam cara untuk melepaskan wallpaper lama ini. Anda bisa memilih cara mana yang akan dipakai dengan menyesuaikannya menurut kondisi dinding dan jenis wallpaper yang digunakan.

Adapun wallpaper biasanya dipasang di dinding semen dan dinding semen yang dilapisi gips untuk meratakan permukaannya. Karakteristik dinding semen memiliki permukaan yang lebih dingin dan lebih halus. Sementara itu, dinding yang dilapisi gips cenderung mudah rusak apabila tergores pisau. Di beberapa kasus, banyak juga lapisan gips ini ikut terangkat bersama kertas wallpaper.

Jika dilihat dari jenisnya, ada dua macam wallpaper yang dijual di pasaran yaitu wallpaper tanpa plester dan wallpaper dengan plester (mirip gambar tempel). Wallpaper yang telah dilapisi plester, sehingga kita tidak perlu menggunakan lem saat memasangkannya ke dinding, sangat rentan terkena air. Daya rekatnya akan mudah sekali hilang ketika kita mengoleskan air di atas permukaannya.

Berikut ini cara-cara yang biasa digunakan oleh Tim Arafuru, antara lain :

Cara I

Cara pertama ini terbilang sangat sederhana, namun menuntut anda untuk telaten mengerjakannya. Pertama-tama, siapkan pisau cutter. Kemudian, kikis kertas wallpaper tersebut dengan teknik yang sama seperti saat kita hendak melepaskan gambar tempel. Ulangi gerakan ini dengan mengikis permukaan wallpaper sedikit demi sedikit. Terakhir, gunakan spons basah untuk mengelupas kertas yang masih menempel dengan kuat.