Perawatan
Feb6

3 Cara Merawat Lantai Parket dengan Mudah

Pesona lantai parket kini tengah digandrungi oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Jenis lantai yang satu ini memang dikenal memiliki tampilan yang cocok dengan suasana dan iklim di negara tropis. Lantai parket mampu menghangatkan interior rumah di musim penghujan, dan menyejukkannya saat musim kemarau.

cara-merawat-lantai-parket.jpg

Interior Rumah dengan Lantai Parket

Akan tetapi, di balik tampilannya yang sangat menawan ini, lantai parket tergolong membutuhkan perawatan yang rumit. Ada banyak penyebab yang bisa merusak tampilan lantai parket di rumah anda. Berikut ini penjelasan faktor-faktor tersebut dan cara merawatnya :

  1. Seperti pada material berbahan kayu lainnya, lantai parket pun rawan dengan kelembaban tinggi. Jika ada genangan air yang tidak segera diseka, maka bersiap-siaplah struktur lantai parket tersebut akan melemah. Untuk mengatasi hal ini, anda wajib memeriksa kondisi lantai setiap hari. Apabila ada tumpahan cairan, maka segeralah dilap dengan kain microfiber yang lembut. Selain itu, pastikan sirkulasi udara di dalam rumah juga lancar agar tidak lembab.
  2. Selain rentan terhadap air, lantai parket juga mudah rusak jika terus-menerus terkena sinar matahari langsung. Warna lantai ini akan cepat memudar apabila anda membiarkannya terus tertimpa terik matahari. Maka solusinya, anda bisa menutupi lantai dengan karpet di sudut-sudut tertentu yang sering tertimpa cahaya. Direkomendasikan juga selalu menutup jendela dengan gorden tebal sehingga risiko .
  3. Yang tak kalah pentingnya, lantai parket dikenal akan permukaannya yang mudah tergores. Bahkan, anda dilarang menyapu lantai ini agar tidak menimbulkan bekas goresan. Untuk membersihkan lantai ruangan, anda cukup menggunakan vacum cleaner.