Perawatan
Jul31

3 Cara Merawat Kerajinan Keramik dari Tanah Liat

Apakah anda hobi mengoleksi barang-barang keramik? Tahu bagaimana cara merawat kerajinan keramik dari tanah liat? Faktanya, suatu keramik akan mempunyai nilai seni yang semakin tinggi seiring dengan usia keramik tersebut. Dengan merawat keramik-keramik secara benar, anda bisa menjamin daya tahan dan keawetan koleksi keramik di rumah anda.

Keramik adalah kerajinan tradisional yang terbuat dari tanah liat yang dibakar. Dalam praktiknya, proses pembuatan keramik juga menggunakan mineral-mineral tertentu sebagai finishing untuk memperindah wujud suatu keramik. Di Indonesia, kerajinan keramik juga tersedia dalam jenis gerabah dan tembikar. Keramik umumnya memiliki bentuk berupa gelas, cangkir, piring, mangkuk, teko, panci, guci, pot, dan keramik lantai.

cara-merawat-kerajinan-keramik.jpg

Kerajinan Keramik

Hobi mengoleksi barang-barang keramik memang sangat menyenangkan. Bentuk keramik yang bermacam-macam membuat mata seakan lapar untuk terus memburunya. Apalagi jika kita berhasil mendapatkan keramik yang unik dan langka, pasti akan timbul sensasi luar biasa tersendiri.

Lantas, bagaimana sih cara merawat kerajinan keramik supaya tetap menarik?

Cara I : Lumuri Permukaan Keramik dengan Getah Pisang

Tahukah anda, getah pisang ampuh menjadikan struktur keramik di rumah anda bertambah kuat. Hal ini berkat daya rekat yang dimiliki getah pisang masuk melalui pori-pori keramik dan menguatkannya. Disarankan pakai getah yang terdapat di jantung pisang atau tangkai buah pisang. Oleskan getah pisang ini ke seluruh permukaan keramik minimal setiap sebulan sekali, lalu keringkan di bawah sinar matahari. Niscaya keramik pun bertambah kokoh dan tak mudah pecah.

Cara II : Bersihkan dengan Lap Basah

Kerajinan keramik sebaiknya tidak diletakkan di luar ruangan karena terik matahari bakal memudarkan warnanya. Cairan yang tertumpah di keramik dan meninggalkan noda membandel juga akan mengurangi keindahannya. Anda bisa mengatasi hal ini dengan mengelap keramik memakai kain basah secara rutin. Jika memungkinkan, gunakan cairan pembersih khusus untuk keramik yang memiliki zat pelindung warna dan tidak bersifat terlalu keras.

Cara III : Pakai Serbuk Kristal untuk Membasmi Jamur

Karena terbuat dari tanah liat, keramik akan gampang terkena jamur bila diletakkan di ruang yang lembab. Tak perlu risau dalam memberantas jamur di permukaan keramik sebab terbilang mudah. Caranya sesendok bubuk kristal ke dalam seperempat ember kecil air bersih. Usapkan cairan bubuk kristal tersebut ke seluruh permukaan keramik memakai spons dengan gerakan searah. Oh ya, bubuk kristal bisa anda beli di toko-toko kimia terdekat.