Perawatan
Sep18

3 Cara Efektif Memasang Cermin di Dinding

cara-memasang-cermin-di-dinding.jpg

Memasang cermin di dinding ruangan kini banyak digemari oleh masyarakat Indonesia. Teknik dekorasi rumah ini mampu menciptakan kesan ruangan yang nampak lebih luas.

Biasanya, cermin yang ditempelkan di dinding adalah cermin yang dilapisi cat bakar. Cermin dengan ketebalan minimal 5 mm ini mampu bertahan di sudut ruangan yang lembab sekalipun. Sebaliknya, pemakaian cermin yang dilapisi kertas tidak kami rekomendasikan karena lapisannya bisa rusak akibat terus-menerus terkena air.

Jika anda mengalami kesulitan dalam memasangkan cermin di dinding, ikuti langkah-langkah berikut ini :

Cara Pertama

Siapkan cermin, fisher, sealent, obeng, dan bor listrik. Pertama, lubangi cermin di sudut-sudut yang efektif di mana sekrup akan dipasang. Kedua, berikan tanda berupa titik-titik pada permukaan dinding tepat pada posisi sekrup akan dipasang. Ketiga, gunakan bor listrik untuk melubangi titik sesuai ukuran fisher yang digunakan. Keempat, masukkan semua fisher ke dalam lubang dinding lalu pastikan fisher tersebut menempel kuat dan tidak goyah. Kelima, tempelkan cermin di dinding dengan memperhatikan posisi lubang cermin berada tepat di fisher, minta bantuan orang lain untuk menahan posisi tersebut. Keenam, pasangkan sekrup fisher pada lubang cermin dan kencangkan dengan obeng. Ketujuh, agar terlihat rapi, bagian tepi cermin bisa dilapisi sealent (sejenis lem kaca).

Cara Kedua

Siapkan plywood, lem kaca, dan double tape. Pasangkan lah plywood (kayu lapis) dengan bentuk sesuai cermin pada dinding ruangan. Selanjutnya, oleskan lem kaca di sudut-sudut tertentu bagian belakang cermin agar kuat menahan bobot cermin tersebut. Hindari mengolesi seluruh bagian belakang cermin dengan lem karena akan menyulitkan kita saat hendak memindahkannya. Jangan lupa tempelkan juga double tape untuk menahan cermin sembari menunggu lem mengering. Terakhir, oleskan lem kaca di sepanjang pinggiran cermin.

Cara Ketiga

Cara yang ketiga ini sebenarnya mirip dengan cara kedua, hanya saja bahan lem kaca diganti dengan lem resin. Jenis lem ini dinilai memiliki daya rekat yang lebih kuat karena terdiri dari dua komponen pembentuknya. Mulailah dengan memasang kayu lapis di dinding agar permukaannya rata. Kemudian campurkan lem resin dan adhesive-nya dengan takaran secukupnya, lalu oleskan pada bagian belakang cermin. Tunggu sekitar 5-10 menit agar lem agak mengeras, selanjutnya tempelkan cermin tersebut pada permukaan kayu lapis. Tekan-tekan sedikit agar cermin merekat kuat. Dengan perlahan, lepaskan cermin dan pastikan posisinya sudah menempel cukup kuat.