Perawatan
Apr10

18 Tips Meninggalkan Rumah Saat Liburan biar Aman

Saat hendak pergi liburan, Anda harus melakukan tips-tips tertentu sebelum meninggalkan rumah. Momen berlibur memang selalu terasa menyenangkan. Apalagi kalau Anda liburannya bersama seluruh anggota keluarga. Dijamin Anda pasti akan mendapatkan pengalaman baru yang sangat membahagiakan. Tidak ada kesempatan sekali pun bagi Anda untuk merasa sedih, suntuk, atau bosan. Semua peristiwa yang terjadi di kala liburan bersama tersebut akan terekam menjadi kenangan yang indah.

Jadi Anda jangan pernah melewatkan kesempatan untuk berkumpul bersama keluarga besar ya. Ini merupakan salah satu momen langka yang begitu berharga. Namun sebelum Anda benar-benar pergi meninggalkan rumah menjadi kosong tak berpenghuni, pastikan Anda telah mengamankannya dengan baik. Anda wajib memastikan rumah tersebut tetap aman, sementara Anda pergi bersenang-senang di tempat lain. Ingat bahwa kesempatan juga dapat mendorong seseorang untuk melakukan aksi pencurian rumah.

meninggalkan-rumah-saat-liburan.jpg

Amit-amit deh bila kasus pencurian sampai terjadi di rumah tinggal Anda. Tidak hanya harta benda saja yang bakal raib, tetapi perasaan gembira Anda sekeluarga seketika pun akan sirna setelah mengetahui kalau rumah Anda telah dimasuki pencuri. Waktu liburan yang seharusnya menjadi momen yang paling mengasyikkan tiba-tiba berubah menjadi penuh rasa sesal dan tangis. Oleh sebab itu, Anda harus melakukan upaya-upaya persiapan liburan sebaik-baiknya, termasuk meninggalkan rumah dengan aman.

Apa saja langkah-langkah yang mesti dilakukan untuk membuat rumah tetap aman ketika Anda pergi berlibur? Berikut ini tips-tips di antaranya!

  1. Tutup semua pintu dan jendela di rumah Anda. Kemudian kunci serapat-rapatnya. Bila perlu Anda bisa menggunakan kunci ganda sekaligus, khususnya untuk pintu dan jendela yang berbatasan dengan lingkungan eksterior. Pastikan kondisi kunci tersebut masih bagus, kuat, dan kokoh.
  2. Beritahukan kepada tetangga di sekitar rumah bahwa Anda sekeluarga akan pergi ke suatu tempat selama beberapa hari. Berbasa basilah untuk menitipkan rumah Anda. Anda juga bisa mengiming-imingi oleh-oleh atau souvenir kepada mereka. Jangan lupa pamit juga dengan ketua RT/RW setempat ya.
  3. Pastikan semua kunci rumah Anda bawa selama perjalanan. Anda tidak boleh meninggalkan satu kunci pun di dalam rumah tersebut. Hindari pula menitipkan kunci-kunci ini ke tetangga kecuali jika tetangga tersebut masih memiliki hubungan kekerabatan yang dekat dan Anda pun mempercayainya.
  4. Semua dokumen-dokumen berharga harus dipastikan kembali telah disimpan di tempat yang seratus persen aman. Ada baiknya Anda membeli brankas khusus untuk menyimpan surat-surat berharga ini. Kemudian simpanlah brankas tersebut di ruangan yang paling aman dan sukar ditebak. Jangan sembunyikan di kamar tidur utama ya!
  5. Lepaskan seluruh kabel power perangkat elektronik yang Anda miliki, termasuk kulkas, dispenser, televisi, AC, dan lain-lain. Hal ini berguna untuk mencegah terjadinya hubungan arus listrik pendek yang dapat memicu kebakaran. Anda juga harus melepas selang gas dari kompor.
  6. Selain listrik dan gas, Anda juga perlu memperhatikan soal air. Kalau bisa isi semua bak di kamar mandi Anda sampai penuh dengan air. Hal ini untuk berjaga-jaga selepas Anda pulang nanti bisa langsung mendapatkan air. Setelah itu, matikan aliran air dari sambungan PDAM supaya aman.
  7. Anda bisa meminta tetangga yang dipercayai untuk secara rutin menyalakan lampu di rumah Anda melalui meteran listrik yang ada di teras. Tugas Anda hanyalah tetap membiarkan posisi sakelar lampu di kamar tidur tetap pada posisi on. Hal ini lebih aman daripada Anda terus membiarkan lampu menyala.
  8. Apabila tidak ada seorang pun tetangga yang bisa Anda percayai untuk mematikan dan menyalakan meteran listrik di rumah setiap hari, Anda bisa memanfaatkan teknologi untuk melakukannya. Belilah produk sakelar listrik yang telah dilengkapi timer. Sakelar ini akan hidup dan mati secara otomatis sesuai waktu yang telah disetel.
  9. Berbanding terbalik dengan tips di atas, Anda tidak boleh membiarkan lampu di teras dan taman tetap dalam kondisi hidup terus-menerus. Pemilik rumah mana coba yang menyalakan lampu di luar tetap menyala di waktu siang hari? Secara tidak langsung, hal ini akan memberitahu si pencuri kalau rumah Anda sedang kosong.
  10. Lebih bagus lagi kalau seluruh lampu di rumah Anda telah dilengkapi dengan sensor cahaya. Jadi waktu lampu ini menyala dan mati bisa lebih tepat. Sensor otomatis akan menyalakan lampu apabila kondisi di sekitarnya minim cahaya, yakni saat malam hari atau cuaca mendung. Kemudian mematikan lampu kembali setelah cuacanya terang.
  11. Anda harus membersihkan rumah tanpa terkecuali sebelum pergi meninggalkannya. Pastikan semua benda yang Anda miliki telah tertata dengan rapi. Selain akan membuat perasaan menjadi lebih nyaman sepulangnya nanti, Anda pun dapat mengetahui dengan mudah kalau ada sesuatu yang janggal dari rumah Anda.
  12. Jika mempunyai anggaran yang cukup, Anda bisa memasang beberapa alarm di pintu dan jendela. Pilih alarm yang kualitasnya bagus sekalian sehingga benar-benar dapat diandalkan dan sulit dibobol. Alarm ini akan berbunyi nyaring apabila pintu atau jendela rumah Anda dibuka paksa oleh seseorang.
  13. Anda juga bisa memasang kamera CCTV di beberapa sudut rumah. Pastikan CCTV tadi mampu menangkap semua peristiwa yang terjadi di sekitar rumah Anda. Bila Anda tidak mempunyai anggaran yang cukup, tidak ada salahnya menyewa CCTV untuk sementara waktu. Pilih CCTV yang mampu merekam video dengan jelas.
  14. Apabila Anda berlanggan koran, majalah, susu, roti, atau lainnya, kabarkan kepada pihak pengelola bahwa Anda ingin berhenti berlangganan untuk sementara waktu karena berencana akan bepergian. Tumpukan koran di teras akan memberitahukan pencuri bahwa Anda sedang tidak ada di rumah.
  15. Para pencuri juga biasanya akan berusaha menghubungi nomor telepon rumah Anda sehingga terdengar bunyi dering beberapa kali. Jika sama sekali tidak ada yang mengangkat telepon, berarti rumah sedang kosong. Jadi mendingan Anda cabut saja sekalian kabel telepon rumah untuk sementara waktu.
  16. Untuk mengelabui pencuri agar mereka mengira bahwa ada banyak orang di dalam rumah Anda, silakan letakkan beberapa pasang sandal di teras. Tapi jangan ditata secara rapi ya. Taruhlah sandal-sandal tersebut sedemikian rupa agar terkesan baru saja dipakai. Bila perlu, letakkan juga beberapa mainan anak di halaman rumah.
  17. Kini sudah banyak televisi pintar yang memungkinkan Anda bisa mengaturnya supaya dapat hidup dan mati sendiri. Jika Anda sudah memilikinya, silakan Anda bisa memakai televisi tersebut untuk mengecoh pencuri. Caranya Anda tinggal mengatur agar TV bisa menyala dan padam sendiri sesuai jadwal waktu yang dikehendaki.
  18. Hewan peliharaan biasanya tidak diperbolehkan dibawa menginap ke dalam hotel atau memasuki tempat wisata. Maka Anda terpaksa harus meninggalkannya. Mintalah bantuan teman yang mempunyai hobi yang sama untuk merawat hewan tersebut. Kalau tidak ada, Anda bisa meminta bantuan jasa penitipan hewan.