12 Tips Merawat Buku agar Awet

6. Pembatas yang Aman

Biasanya kita membaca buku sedikit demi sedikit. Karenanya, keberadaan pembatas sangat penting sehingga memungkinkan kita tidak harus menekuk kertas. Idealnya, pembatas buku yang baik berbentuk tipis seperti kain, daun, kertas, dan lain-lain. Hindari menggunakan pembatas berupa pulpen, pensil, ponsel, dan benda-benda tebal lainnya.

7. Jangan Memfotokopi Buku

Ketika anda memfotokopi buku yang berhak cipta, sebenarnya anda telah melanggar undang-undang hak cipta dan terancam hukuman. Selain itu, memfotokopi juga rawan merusak jilid buku. Sebab ketika proses pemfotokopian berlangsung, petugas akan menekan buku dengan sangat kuat.

8. Jika Buku Terkena Air

Aktifitas membaca buku biasanya ditemani dengan secangkir minuman. Jika suatu saat, secara tidak sengaja, ada cipratan air yang mengenai lembaran buku, jangan langsung menyekanya dengan tangan atau kain. Hindari juga menjemurnya di bawah terik matahari langsung karena akan menimbulkan gelombang di permukaan kertas. Yang benar, untuk mengeringkannya cukup dengan mengangin-anginkannya saja. Angin mampu mengeringkan secara perlahan, sehingga hasilnya kertas tetap rapi.

9. Hindari Mewarnai Isi Buku

Memberikan penanda berupa warna di isi-isi buku yang penting memang memungkinkan kita bisa mencerna buku tersebut lebih mudah. Namun di sisi lain, warna-warni ini membuat tampilan buku jadi kurang menarik. Tinta yang digunakan pada pewarna juga rentan luntur yang akan mengotori beberapa bagiannya.

10. Pinjam? Pertimbangkan Kembali

Buku adalah koleksi yang sangat berharga. Ketika ada seseorang yang berniat meminjamnya, pertimbangkanlah kembali bahwa orang tersebut mampu menjaganya dengan baik. Jangan lupa, buatlah catatan rapi siapa saja peminjam buku anda, kapan dia akan mengembalikannya, dan berikan beberapa saran perawatan untuknya.

11. Hindari Membaca Buku Saat Mengantuk

Salah satu kebiasaan kita adalah membaca buku saat akan tidur. Memang ini merupakan kegiatan yang baik. Hanya saja ketika anda sudah terserang kantuk, sesegera mungkin taruhlah buku tersebut di tempat yang aman. Jika anda memaksakan diri, posisi tidur akan membuat buku bertebaran kemana-mana. Sangat mungkin buku tersebut akan terlipat dan tertindih tubuh anda.

12. Atur Ulang Secara Rutin

Sama seperti lemari baju, buku-buku yang sering diambil membuat susunan lemari buku tersebut mudah berantakan. Agar penataannya rapi seperti semula, atur ulanglah penataan buku-buku anda minimal sebulan sekali di saat waktu senggang. Pengaturan bisa disertai pembersihan buku dan mengecek apakah ada kerusakan yang harus diperbaiki segera.