Perawatan
Aug8

12 Tips Merawat Buku agar Awet

tips-merawat-buku.jpg

Bagaimana tips merawat buku agar awet? Bagi anda yang hobi membaca, kemungkinan besar pasti mempunyai sejumlah koleksi buku di rumah. Pernahkah anda kesal melihat buku-buku yang sudah ditata rapi tersebut masih saja mengalami kerusakan?

Agar semua koleksi buku yang anda miliki tidak mudah rusak, ikuti tips-tips berikut ini :

1. Lemari Tertutup Lebih Baik

Kebanyakan kita meniru gaya perpustakaan dengan menyimpan buku di rak terbuka. Memang benar, teknik ini memungkinkan pesona buku semakin terlihat. Sayangnya, wujud rak membuat buku-buku di dalamnya rentan terkena kotoran. Lemari kaca tertutup menawarkan kemampuan melindungi yang lebih baik sekaligus membuat koleksi kita tetap terlihat.

2. Ruangan Ideal

Ruangan yang paling ideal untuk menaruh koleksi buku adalah ruangan permanen dan ber-AC. Kondisi ruangan seperti ini membuat kualitas udara di dalamnya terjaga dengan baik. Sebaliknya, kelembaban dapat memicu tumbuhnya jamur dan terik matahari membuat tekstur buku menjadi sangat kering.

3. Berdiri Lebih Baik

Cara penataan buku yang paling tepat adalah diberdirikan, bukan ditumpuk. Posisi berdiri memungkinkan isi buku bisa menerima udara cukup dan tidak saling menyesaki. Lain halnya dengan posisi ditumpuk, buku-buku akan saling berhimpitan sehingga bagian jilid pun mudah rusak. Posisi ini juga dapat memicu kelembaban yang tinggi.

4. Segera Berikan Sampul

Penambahan sampul sangat berguna untuk melindungi buku ketika disimpan ataupun dibaca. Sampul yang baik terbuat dari plastik bening yang cukup tebal. Seyogyanya, pemasangan sampul ini tidak terlalu ketat alias diberikan sedikit longgar.

5. Tambahkan Pengawet Buku

Ada berbagai produk pelindung buku yang mampu menghindarkannya dari serangga, bakteri, dan jamur. Dua produk yang sering digunakan adalah kapur barus dan silica gel. Pastikan di masing-masing tingkatan terdapat minimal satu buah pelindung.