Perawatan
Apr17

10 Tips Bertuah agar Rumah Bebas dari Nyamuk

Ingin rumah anda bebas dari nyamuk? Siapapun pasti akan setuju jika nyamuk merupakan salah satu binatang paling menjengkelkan. Hobinya menghisap darah manusia dan membuat kulit terasa gatal-gatal. Suara sayapnya pun sangat bising dan mengganggu sekali. Belum lagi, nyamuk juga dapat menularkan penyakit-penyakit yang mematikan seperti demam berdarah, malaria, dan chikungunya. Oleh karena itu, wajib hukumnya memastikan lingkungan rumah anda dan sekitarnya bebas dari serangga yang satu ini.

Pada dasarnya, nyamuk suka tinggal di ruangan yang berkelembaban tinggi. Entah ruangan tersebut bersih atau kotor, jika kondisinya lembab maka otomatis banyak nyamuknya. Begitu halnya jika ruangan-ruangan di rumah anda tampak gelap, interior rumah anda pun akan menjadi tempat paling ideal untuk perkembangbiakan nyamuk.

tips-agar-rumah-bebas-nyamuk.jpg

Nyamuk

Di bawah ini tips-tipsnya dari Arafuru bagaimana membuat rumah bebas dari nyamuk!

  1. Jagalah kebersihan rumah setiap saat. Walaupun ada beberapa jenis nyamuk yang lebih suka dengan tempat bersih, namun jumlahnya tak seberapa dibandingkan dengan nyamuk yang senang tinggal di lingkungan kotor. Pun dengan memastikan kondisi rumah selalu bersih, otomatis anda telah mencegah lingkungannya terasa lembab.
  2. Pastikan sirkulasi udara di dalam rumah bergerak lancar agar kondisinya tidak lembab. Biasakan membuka jendela saat pagi hari dan menutupnya ketika menjelang malam hari. Pasanglah kawat kasa di setiap lubang ventilasi untuk menghalangi nyamuk-nyamuk menyusup masuk ke rumah.
  3. Hindari kebiasaan menumpuk baju di mana-mana. Segeralah cuci timbunan baju yang kotor agar tidak menjadi tempat persembunyian para nyamuk. Jangan lupa, simpan lipatan baju bersih di dalam lemari yang tertutup.
  4. Pastikan lemari-lemari di rumah anda selalu tertutup saat tidak digunakan. Hindari membuka lemari terlalu lama karena nyamuk bisa saja masuk ke lemari dan menjadikannya sebagai sarang.
  5. Tanamlah tumbuh-tumbuhan pengusir nyamuk di taman, seperti geranium, zodia, dan lavender. Keindahan bunga ini bisa berfungsi sekaligus menjadi benteng anti-nyamuk berkat khasiatnya. Anda pun bisa menanam tumbuh-tumbuhan ini di dalam pot agar mudah dipindah-pindahkan.
  6. Rimbunnya tumbuh-tumbuhan di taman biasanya kerap menjadi tempat bersarangnya nyamuk. Begitu pula dengan daun-daun yang gugur, ranting-ranting yang patah, dan sampah organik lainnya, bila tidak dibersihkan segera maka timbunannya akan menjadi tempat perkembangbiakan nyamuk. Maka dari itu, jadwalkan setiap hari untuk menyapu dan membuang sampah yang tercecer di halaman dan taman rumah anda.
  7. Guna memaksimalkan pencegahan nyamuk-nyamuk memasuki rumah, anda bisa menggunakan air curtain. Cara pemasangannya yaitu blower ini diletakkan di atas pintu sehingga nyamuk akan merasa kesulitan untuk menerobosnya.
  8. Sesaat sebelum memasuki rumah, periksa kembali kondisi seluruh pakaian anda. Bukan tidak mungkin ada nyamuk yang menempel di pakaian anda dan ikut terbawa masuk ke dalam rumah anda.
  9. Buatlah suasana di dalam rumah tampak terang benderang dengan memanfaatkan cat dinding yang berwarna cerah. Hindari mengaplikasikan cat berkelir hitam dan warna-warni gelap lainnya sebab nyamuk sangat menyukai lingkungan rumah yang gelap. Atur kembali tata pencahayaan lampu di setiap ruangan untuk memastikannya tidak bersinar redup.
  10. Seperti yang kita tahu, proses perkembangbiakan nyamuk melalui proses metamorfosis tidak sempurna. Ini berarti, nyamuk membutuhkan air sebagai tempat meletakkan telur dan pertumbuhan larvanya. Sayangnya, nyamuk seringkali meletakkan telur-telurnya di bak mandi. Oleh sebab itu, bersihkan bak mandi di rumah anda minimal sebanyak dua kali seminggu agar tidak menjadi sarang jentik nyamuk.

Itulah tadi kesepuluh tips untuk memastikan rumah bebas dari nyamuk. Kesimpulannya gaya hidup anda sekeluarga berpengaruh besar terhadap kualitas di dalam rumah. Jadi, mulai sekarang biasakanlah hidup secara bersih dan sehat ya!