Perawatan
Dec1

10 Cara Alami Menghilangkan Bau Cat di Dalam Ruangan

Bagaimana cara menghilangkan bau cat di dalam ruangan? Mengganti cat dinding terkadang menyisakan masalah baru pada rumah anda. Apalagi kalau bukan bau menyengat yang keluar dari cat tadi. Bau tersebut tentu sangat berbahaya jika sampai terhirup oleh manusia. Oleh karena itu, semakin cepat bau tersebut lenyap akan semakin baik.

Setidaknya, ada sepuluh bahan alami untuk menghilangkan bau cat tembok ini. Apa saja?

1. Kulit Jeruk

menghilangkan-bau-cat.jpg

Yap, buah jeruk dikenal sebagai pembersih alami yang sangat ampuh. Begitu juga, kesegaran kulit buah ini bisa anda manfaatkan untuk mengusir bau yang menyengat. Adapun caranya yaitu irislah kulit jeruk ini menjadi potongan-potongan kecil, lalu letakkan di mangkuk. Lambat laun, bau cat akan menghilang digantikan oleh segarnya aroma jeruk yang menyebar ke seluruh sudut ruangan.

2. Air Garam

Ternyata, air garam juga bisa lho digunakan untuk menghilangkan bau tajam dari cat. Bahkan, cairan ini sangat efektif menyerap segala bau di dalam ruangan. Campurkanlah beberapa sendok garam dengan seember air, lalu taruh di tengah ruangan. Biarkan bau alami garam muncul keluar secara perlahan.

3. Cuka

Bahan dapur lain yang bisa anda pakai adalah cuka. Cuka mempunyai aroma tajam yang sangat khas. Cukup tuangkan cuka pada piring kecil, kemudian taruh di dalam ruangan. Aroma asam dari cuka ini akan semerbak keluar dan mampu mengalahkan bau cat yang berbahaya.

4. Bubuk Kopi

Kopi juga memiliki aroma khas yang cukup tajam. Selain mengeluarkan aromanya, bubuk kopi juga akan menyerap bau di udara. Tempatkan lah beberapa mangkuk kecil berisi bubuk kopi ke dalam ruangan, dan tinggalkan beberapa saat. Niscaya, bau cat yang sangat mengganggu pun lenyap berganti dengan aroma khas kopi. Bila anda kurang menyukai aroma kopi, cobalah menggantinya dengan bubuk vanila.

5. Nanas

Selain jeruk, nanas juga memiliki aroma yang begitu fresh. Kesegaran buah ini mampu menyerap bau cat tembok secara efektif. Cukup letakkan beberapa potongan nanas di sejumlah sudut ruangan, rumah pun menjadi segar kembali.

6. Bawang Merah

Sama seperti nanas, potongan bawang merah juga sanggup menyerap bau cat. Caranya, irislah bawang merah tipis-tipis, lalu taruh pada piring kecil dengan tambahan sedikit air. Terakhir, letakkan piring tersebut di dalam ruangan. Bau yang dihasilkan cat pun semakin cepat sirna.

7. Arang

Jika anda kurang teliti dalam memilih cat dinding, bisa jadi cat tersebut mengandung zat kimia berbahaya. Untuk mengusir bau berbahaya ini, anda bisa mengandalkan arang. Masukkanlah arang-arang tadi ke dalam ruangan semalaman agar bau cat benar-benar hilang.

8. Apel

Tahukah anda, apel juga sangat ampuh digunakan untuk menyerap udara cat yang menyengat hidung. Bahkan, kemampuan apel dalam menyerap bebauan ini paling cepat di antara bahan-bahan lainnya. Cobalah meletakkan irisan-irisan apel di dekat dinding sehingga bau lebih mudah terserap.

9. Daun Mint

Apakah anda masih memiliki beberapa lembar daun mint di kulkas? Daripada bingung mencari bahan yang tidak ada, daun mint juga bisa kok untuk menghalau bau cat. Irislah daun mint tersebut dengan potongan setipis mungkin sehingga minyak atsirinya keluar. Bau khas dari minyak inilah yang kita gunakan untuk membersihkan udara di ruangan.

10. Daun Teh

Selain daun mint, daun teh yang setiap hari kita jadikan minuman ternyata juga bisa digunakan. Seduhlah sejumput teh kering dengan air panas, selanjutnya taruh di ruangan bercat baru tadi. Lebih bagus lagi jika anda memakai daun teh yang masih segar karena aromanya jauh lebih kuat. Biarkan aroma teh yang begitu menenangkan ini menyelimuti ruangan.