Yuk, Buat Cat Dasar Tembok Sendiri!

Anda membutuhkan cat dasar ketika ingin mengecat tembok. Cat ini menjadi lapisan paling bawah yang berhubungan langsung dengan permukaan tembok. Fungsi dari cat dasar adalah media perantara bagi cat tembok agar bisa menempel kuat serta warna yang dihasilkannya tampak sempurna. Cat dasar wajib diaplikasikan pertama kali pada saat Anda akan mengecat tembok. Tidak disarankan langsung menerapkan cat warna ke permukaan tembok tanpa memakai cat dasar terlebih dahulu. Di samping dapat menimbulkan masalah baru, anggaran untuk pengadaan cat warnanya pun menjadi lebih boros.

Keberadaan cat dasar memang penting kaitannya dengan proses pengecatan tembok. Cat ini sangat dibutuhkan oleh Anda untuk menghasilkan warna cat tembok yang sempurna dan berkualitas bagus. Masalah-masalah yang mungkin terjadi pada tembok pun dapat dicegah agar tidak terjadi dengan mengaplikasikan cat dasar secara tepat dan benar. Anda perlu menunggu minimal selama 24 jam terlebih dahulu supaya kondisi lapisan acian sudah benar-benar kering. Barulah kemudian terapkan cat dasar ke seluruh permukaan tembok secara merata.

cara-membuat-cat-dasar.jpg

Sebenarnya produk cat dasar bisa Anda beli dengan mudah di toko-toko bangunan terdekat. Harganya pun tidak terlalu mahal. Setidaknya harga cat dasar ini lebih murah dibandingkan dengan harga cat warna. Bahkan untuk kebutuhan di situasi darurat, Anda juga bisa mengganti penggunaan cat dasar ini dengan lem kayu yang warnanya putih. Lem kayu bekerja baik dalam menggantikan fungsi cat dasar sebagai perekat cat warna supaya dapat menempel kuat di permukaan tembok. Tetapi lem kayu tetap tidak bisa menggantikan peranan cat dasar karena kualitasnya lebih rendah.

Namun bila Anda merasa penasaran tentang proses pembuatan cat dasar yang lengkap, Anda bisa melakukannya sendiri dengan mengikuti panduan sebagai berikut!

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kalsium karbonat
  • Lateks
  • Titanium dioksida
  • Air

Langkah-langkah pembuatan :

  1. Siapkan suatu wadah yang bersih sebagai tempat untuk menampung bahan-bahan di atas dan mencampurkannya. Di sini Anda bisa menggunakan baskom atau kaleng.
  2. Masukkan titanium dioksida sebanyak 250 gram ke dalam wadah tersebut. Masukkan secara perlahan-lahan sambil terus diaduk.
  3. Tuangkan air bersih secukupnya ke dalam wadah. Aduk terus sampai air dan titanium dioksida tercampur secara merata.
  4. Tambahkan kalsium karbonat ke dalam wadah tersebut. Aduklah sekali lagi hingga tercipta campuran yang benar-benar rata.
  5. Setelah dipastikan campuran sudah rata, Anda bisa menambahkan lem. Perbandingan jumlah lem dan kalsium dan karbonat yang dipakai adalah 1:3.

Cat dasar buatan Anda sendiri pun siap untuk digunakan. Campuran tersebut bisa Anda pakai sebagai lapisan cat dasar yang menutupi permukaan tembok. Jika kemudian tekstur tembok menjadi bergelombang setelah dilapisi cat dasar ini, maka Anda bisa meratakannya dengan melakukan pengampelasan permukaan tembok tersebut. Cobalah mengampelas tembok yang kondisinya sudah kering pada titik-titik yang bergelombang hingga berubah menjadi rata.