Material
Nov8

Wow, Ini 12 Kelebihan dari Genteng Aspal

Genteng aspal sering disebut juga dengan nama bitumen. Ini merupakan genteng yang terbuat dari aspal sebagai bahan utamanya dengan campuran serat organik, bubuk kertas, dan resin. Di pasaran, genteng ini dijual berupa lembaran-lembaran yang berbentuk datar dan bergelombang. Genteng aspal mempunyai karakteristik yang fleksibel, antikarat, bobotnya ringan, dan bersifat kedap suara. Warna gelap pada genteng ini juga tidak mudah luntur, sehingga Anda tak perlu khawatir pesonanya akan memudar.

Genteng aspal cocok diaplikasika pada rumah-rumah yang mengusung desain modern dan minimalis. Warna genteng yang gelap memungkinkannya dapat meningkatkan kesan tegas pada rumah tersebut. Pembuatan genteng aspal yang memanfaatkan teknologi canggih juga sanggup merepresentasikan rumah-rumah yang futuristik.

kelebihan-dan-kekurangan-genteng-aspal.jpg

Rumah Beratap Genteng Aspal

Apa sajakah kelebihan-kelebihan dari genteng aspal? Simak ulasannya dari Arafuru.com berikut ini!

1. Efektif Melindungi Rumah dari Air Hujan

Genteng aspal termasuk salah satu genteng yang paling efektif dalam melindungi rumah dari air hujan. Hal ini tidak terlepas dari penggunaan bahan aspal yang notabene bersifat waterproof/tahan air. Dengan demikian, risiko rumah mengalami kebocoran sangatlah kecil.

2. Memiliki Bobot yang Ringan

Genteng aspal memiliki bobot yang terbilang cukup ringan. Mari kita bandingkan antara bobot genteng aspal dengan bobot genteng tanah. Setiap membentuk atap seluas 1 m2, bobot genteng tanah sekitar 8 kg. Sedangkan bobot genteng aspal yang membentuk atap seluas 1 m2 hanya setengahnya saja yakni sekitar 4 kg.

3. Memerlukan Rangka Atap yang Sederhana

Karena bobot yang dimiliki tidak terlalu berat, maka genteng aspal memerlukan konstruksi atap yang sederhana dan tidak rumit. Sehingga anggaran biaya instalasinya pun menjadi lebih hemat. Umumnya, pemasangan genteng aspal pada suatu rumah ditopang oleh rangka atap baja ringan.

4. Dapat Menghalau Panas dengan Baik

Kelebihan lain dari genteng aspal adalah dapat menghalau panas dengan baik. Keunggulan tersebut memungkinkan interior yang beratap genteng aspal tidak akan terasa gerah. Agar semakin sejuk, disarankan untuk tetap membangun beberapa jendela dan lubang ventilasi udara.

5. Mempunyai Struktur yang Kokoh

Faktanya, genteng aspal mempunyai struktur dengan tingkat kekokohan yang cukup tinggi. Pembuktiannya bisa dilakukan dengan menginjak genteng tersebut, di mana genteng aspal tidak akan patah, pecah, atau mengalami keretakan. Jadi Anda tidak perlu kerepotan lagi kalau suatu waktu terpaksa harus menaiki atap rumah untuk keperluan tertentu.

6. Cocok untuk Berbagai Desain Rumah

Entah itu desain rumah yang bergaya modern, minimalis, futuristik, klasik, elegan, glamor, dan lain-lain cocok menggunakan atap berbahan genteng aspal. Nuansa desain atap rumah yang mewah dengan citarasa tinggi lah yang menjadi alasan kenapa pesona genteng ini tampak indah sekali. Sebaliknya, penggunaan genteng tanah liat yang banyak dipakai oleh masyarakat Indonesia terbatas pada rumah-rumah yang mengandung gaya tradisional.

7. Dijamin Tidak Akan Berkarat

Meskipun memiliki bentuk berupa lembaran, genteng aspal dijamin tidak akan mengalami korosi. Tentu alasan utamanya karena genteng ini bebas dari kandungan logam/metal. Dengan begini, Anda bakalan merasa tenang karena genteng tidak gampang rusak.

8. Bentuk Perawatanya Sangat Sederhana

Siapa yang menyangka jika genteng aspal tidak begitu membutuhkan perawatan yang rutin? Sifatnya yang kuat dan kokoh membuat genteng ini tahan terhadap berbagai kondisi. Begitu pula jika genteng rusak, Anda bisa lekas menggantinya lagi dengan lembaran genteng aspal yang baru.

9. Bisa untuk Segala Posisi Kemiringan

Perlu diketahui, genteng tanah liat umumnya dipasang dengan tingkat kemiringan 25-30 derajat. Sedangkan aplikasi genteng aspal cocok untuk segala posisi kemiringan atap antara 15-90 derajat. Kalaupun Anda menginginkan atap yang lebih landai, genteng aspal tetap bisa dipakai asalkan sudah diberikan treatment khusus terlebih dahulu.

10. Mampu Meredam Suara dengan Baik

Biasanya rumah yang dilengkapi dengan atap berupa lembaran-lembaran akan berisik saat hujan turun. Namun kelebihan berikutnya dari genteng aspal yaitu mampu meredam suara dengan baik. Oleh karena itu, hujan yang turun rintik-rintik maupun deras tidak bakal mengganggu pendengaran seluruh penghuni rumah.

11. Harganya Relatif Murah

Beberapa tahun yang lalu mungkin harga genteng aspal lumayan mahal karena masih diimpor dari luar negeri. Tapi belakangan ini sudah banyak produsen lokal yang membuat genteng aspal. Bahan baku genteng ini pun berasal dari dalam negeri. Rata-rata harga genteng aspal per lembar saat ini dimulai dari Rp130.000.

12. Tersedia dalam Beragam Warna

Berbeda dengan genteng-genteng lainnya, genteng aspal memiliki variasi pilihan warna yang menarik. Di antaranya merah, biru, cokelat, hijau, jingga, ungu, kelabu, dan hitam. Atap yang berwarna-warni tentu akan meningkatkan pesona dari desain eksterior rumah Anda.