Material
Dec25

Tips-tips Memilih Lantai Vinyl

Lantai vinyl merupakan salah satu material alternatif dari lantai keramik. Karakteristik lantai ini yaitu permukaannya terasa lembut di kaki sehingga menciptakan perasaan yang nyaman. Pilihan desainnya pun sangat banyak, mulai dari yang bergaya natural hingga modern dan futuristik. Karena terbuat dari PVC (Polyvinyl Chloride), lantai ini termasuk awet dan tahan lama.

Pemilihan lantai vinyl ada baiknya harus berdasarkan pada desain interior yang ingin dibuat. Apakah Anda hendak merancang interior yang bergaya minimalis, modern, klasik, elegan, atau alami? Semuanya perlu disesuaikan dengan selera Anda pribadi dan tidak boleh keluar dari rencana awal tersebut. Barulah kemudian Anda bisa memperhatikan faktor-faktor lain yang dapat mendukung kualitas lantai vinyl pilihan Anda.

tips-memilih-lantai-vinyl.jpg

Agar tidak keliru dalam memilih lantai vinyl yang tepat, perhatikan faktor-faktor sebagai berikut :

  1. Desain

Berhentilah sejenak untuk membayangkan desain ruangan seperti apa yang benar-benar Anda inginkan. Anda tidak perlu mengikuti orang lain atau meniru tren yang sedang berkembang, cukup pikirkan sebuah desain yang memang benar-benar Anda impikan sejak dulu. Apakah suasana pedesaan, natural, kemewahan, atau relaksasi? Dari sini Anda sudah mengantongi kira-kira lantai vinyl yang seperti apa yang Anda cari.

  1. Warna

Warna tidak hanya berpengaruh besar terhadap keindahan suatu ruangan, tetapi juga dapat menimbulkan kesan tertentu pada ruangan tersebut. Bagi Anda yang ingin memasang lantai vinyl di dalam ruangan yang berukuran cukup luas, Anda bebas menentukan warna apa yang diinginkan asalkan tidak keluar dari desain awal. Tetapi bagi Anda yang hanya memiliki ruangan yang ukurannya kecil, disarankan bermainlah di warna-warni yang muda dan cerah. Hindari penggunaan lantai yang berwarna gelap sebab dapat menimbulkan kesan yang penuh dan sesak.

  1. Motif

Lantai vinyl termasuk salah satu lantai yang memiliki banyak sekali pilihan motif atau corak. Masing-masing motif tersebut tentu saja dapat menimbulkan kesan yang bermacam-macam. Sebagai contoh, penggunaan lantai vinyl yang bercorak kayu atau batu akan menciptakan ruangan yang terasa begitu alami dan menenangkan. Berbeda dengan pemasangan lantai yang mempunyai motif marmer, porselen, atau keramik dapat menghadirkan kesan yang bersih.

  1. Kualitas

Setelah Anda berhasil menemukan beberapa pilihan lantai vinyl berdasarkan desain, warna, dan motif yang dimilikinya, kini saatnya untuk menyortir pilihan tersebut menurut kualitasnya. Mungkin Anda akan mengalami sedikit kesulitan untuk mengecek kualitas suatu lantai vinyl secara langsung. Lantai vinyl yang ukurannya lebih tebal tidak menjamin kalau memiliki mutu yang lebih bagus. Alangkah baiknya jika Anda memperhatikan siapa pembuat produk lantai vinyl tersebut. Pastikan lantai vinyl pilihan Anda dibuat oleh perusahaan yang ternama karena tingkat kepercayaan merek tidak bisa dimanipulasi.

  1. Jenis

Berdasarkan bahan pelapis yang terdapat di permukaannya, lantai vinyl dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu lantai vinyl urethane dan lantai vinyl non-wax. Lantai vinyl urethane mampu memberikan perlindungan secara maksimal terhadap noda, goresan, dan pijakan kaki yang berat. Sementara itu, lantai vinyl non-wax mempunyai permukaan yang mengkilap dan licin sehingga lebih mudah dibersihkan.

  1. Garansi

Tidak semua perusahaan pembuat lantai vinyl yang bagus memberikan garansi sebagai jaminan atas kualitas produknya. Namun Anda sebaiknya memilih produk yang dilengkapi dengan garansi. Pasalnya walaupun terkenal awet, kerusakan sedikit saja yang terjadi pada permukaan lantai vinyl sama sekali tidak bisa diperbaiki atau dipoles oleng. Satu-satunya langkah yang dapat ditempuh yaitu menggantinya dengan lantai yang baru. Di sinilah pentingnya garansi yang menyertai lantai vinyl.