Tips Memilih Cat Dinding yang Berkualitas Tinggi

Anda mungkin butuh tips dalam memilih cat dinding? Memang benar salah satu faktor yang menentukan hasil dari proses pengecatan adalah produk cat dinding yang digunakan. Pemakaian produk cat yang berkualitas tinggi akan membuat pekerjaan mengecat menjadi lebih cepat, lebih mudah, dan lebih bagus. Lapisan cat dinding yang telah diaplikasikan pun akan bertahan lebih lama serta dapat terhindari dari masalah-masalah yang sering terjadi pada cat dinding.

Oleh karena itu, kami selalu menyarankan kepada belilah produk cat dinding yang berkualitas bagus sekalian. Memang betul kalau semakin tinggi mutu suatu produk cat dinding, maka harganya pun akan semakin lebih mahal. Tetapi Anda tidak akan kecewa dengan hasil yang diperlihatkan oleh produk cat tersebut. Warnanya terlihat sangat nyata, tidak pudar, serta lapisannya mampu bertahan dalam waktu yang lama. Pada akhirnya, produk tersebut justru lebih murah daripada cat murahan.

tips-memilih-cat-dinding.jpg

Lalu bagaimana kita bisa menilai kualitas suatu produk cat dinding? Produk cat dinding yang berkualitas tinggi setidaknya mempunyai empat karakter wajib yang harus dimiliki antara lain daya sebar, daya tutup, mudah digunakan, serta aman bagi kesehatan dan lingkungan. Kualitas produk tersebut semakin lebih baik manakala memiliki nilai tambah seperti anti air, anti jamur, tidak memutar, tahan terhadap cuaca ekstrem, gampang dibersihkan, mengeluarkan aromaterapi, dan mampu menutupi retak rambut.

Berikut ini beberapa metode-metode yang bisa dilakukan guna memilih produk cat dinding!

  1. Beli Cat yang Memiliki Merek

Nilai merek suatu produk tidak akan bisa membohongi Anda sebab di dalamnya terkandung kepercayaan para konsumen. Jadi sebisa mungkin belilah produk cat yang mempunyai merek yang jelas. Pastikan juga Anda membeli produk yang asli. Jangan pernah membeli produk cat yang mereknya tidak Anda ketahui. Hindari membelinya di toko bangunan abal-abal sebab tidak menutup kemungkinan produk cat yang dijualnya adalah oplosan.

  1. Baca Kemasannya dengan Baik

Kami yakin semua produk cat yang bermerek pasti sudah memenuhi syarat cat yang baik. Sehingga lebih bagus lagi kalau produk tersebut memiliki nilai tambah dari sifat lainnya. Contohnya yaitu waterproof, anti fading, washable, fragnance, cover hair line crack, dan lain-lain. Anda bisa membaca sifat-sifat unggulan ini di kemasan produk cat dinding tersebut. Pastikan pula bahwa produk yang ingin Anda beli tidak mengandung merkuri (Hg) atau timbal (Pb).

  1. Coba Kuaskan Terlebih Dahulu

Anda wajib mencoba mengaplikasikan cat ke permukaan dinding untuk menilai apakah kualitasnya bagus atau tidak. Dari sini Anda bisa mengetahui daya sebar dan daya tutup cat tersebut. Mintalah sampel produk dari penjual untuk Anda lihat sendiri hasil kuasannya. Masalah yang kerap terjadi pada produk cat yang berkualitas rendah yaitu pengapuran pada lapisan cat, penyebarannya tidak merata, dan warnanya mudah luntur. Sedangkan bila warna cat belang-belang atau lapisannya menggelembung, penyebabnya bukan kualitas cat yang rendah tetapi kondisi dindingnya basah.