Tips Membeli Bambu yang Baik

Bambu merupakan material bangunan yang sangat penting bagi Bangsa Indonesia. Bahan yang satu ini juga mempunyai nilai historis tersendiri karena menjadi senjata utama para pahlawan dalam melawan penjajah. Hingga kini bambu masih tetap digunakan oleh masyarakat, baik untuk membuat bangunan, perabotan rumah tangga, hingga peralatan dapur. Untungnya pohon bambu tumbuh subur di negeri ini sehingga kita tidak perlu bersusah payah mendapatkannya.

Memang Indonesia adalah gudangnya bambu di dunia. Berbagai jenis bambu tumbuh subur di Indonesia yang notabene mempunyai kondisi tanah yang sangat subur. Kalau dahulu kala, masyarakat kita tinggal mengambil saja bambu-bambu yang diperlukannya di dalam hutan. Tanaman bambu ini bisa ditemukan hampir di setiap daerah. Tapi sekarang kita harus membeli bambu terlebih dulu sebelum memakainya. Tenang saja, harganya tidak terlalu mahal kok. Setidaknya lebih murah daripada kayu.

tips-membeli-bambu.JPG

Sebelum membeli bambu, sebaiknya Anda mengetahui tips dan trik dalam memilihnya terlebih dahulu agar Anda dapat memilih bambu yang kualitasnya bagus serta sesuai dengan kebutuhan Anda.

Beli di Toko Bambu yang Tepercaya

Memang tak terlalu banyak orang yang paham betul tentang bambu. Mungkin Anda juga termasuk salah seorang yang awam dengan bambu? Biar Anda tidak tertipu oleh oknum penjual bambu yang licik, maka sebaiknya Anda membeli bambu ini di toko yang tepercaya. Bagaimana pun reputasi positif yang dimiliki oleh toko tersebut sudah lama terbangun. Sehingga tidak mungkin penjualnya akan menipu Anda yang memang benar-benar awam dengan bambu. Anda dapat meminta rekomendasi dari teman, tetangga, atau bahkan tukang bangunan yang bekerja di rumah.

Datang Langsung untuk Memilihnya

Wajib hukumnya untuk datang langsung ke tempat penjual bambu supaya Anda bisa melihat wujud asli bambu itu sendiri. Sempatkanlah waktu barang sehari untuk melihat sendiri kualitas bambu yang dijual di toko tersebut. Jika misalnya Anda tak bisa juga karena terlalu sibuk, silakan minta orang kepercayaan Anda untuk mengeceknya secara langsung. Disarankan meminta bantuan orang yang benar-benar tahu tentang bambu untuk memeriksanya. Dengan mendatangi tokonya langsung dan memilihnya sendiri, maka Anda terhindar dari rasa penyesalan nantinya.

Pilih Jenis Bambu yang Paling Tepat

Seperti yang sudah kami sebutkan di atas, tanaman bambu itu ada beragam jenisnya. Menariknya ialah setiap jenis bambu mempunyai sifat dan karakteristik yang berbeda-beda. Anda harus menentukan jenis bambu yang mana yang akan digunakan untuk pekerjaan kali ini. Belilah bambu tersebut serta pastikan benar-benar asli, bukan bambu yang kualitasnya lebih rendah. Kami akan membahas tentang jenis-jenis bambu pada artikel selanjutnya. Silakan tunggu ya!

tips-memilih-bambu.jpg

Tanyakan Metode Pengawetannya

Pengawetan bambu mutlak dilakukan untuk membuat kualitasnya meningkat. Proses ini juga mampu menghilangkan kandungan zat glukosa di dalam bambu sehingga lebih tahan terhadap serangga. Anda bisa menanyakan metode pengawetan bambu yang dipakai oleh penjual. Setiap metode mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Tanyakan pula bahan pengawet yang digunakan sebab bahan yang digunakan ini akan menjamin keawetan bambu sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Bahan pengawet yang bagus akan terserap ke dalam pori-pori bambu dan tetap berada di sana.

Mintalah Garansi Kepada Penjual

Jangan lupa untuk meminta garansi kepada si penjual bambu. Kalau memang kualitas bambu yang dijual oleh toko tersebut benar-benar bagus, maka penjual tak akan ragu memberikan jaminan terhadap mutu produknya. Produsen bambu tadi berani memberikan garansi dalam waktu yang cukup lama. Setidaknya Anda bisa meminta garansi selama 3 tahun terhadap kerusakan yang mungkin dapat menimpa bambu tersebut. Perlu Anda ketahui, bambu yang kualitasnya bagus paling tidak akan mulai memperlihatkan tanda-tanda kerusakan setelah usia mencapai 10 tahun.

Tentukan Waktu Pengiriman Bambu

Khusus untuk Anda yang ingin membeli bambu dalam jumlah yang cukup besar, Anda bisa menentukan kapan waktu pengiriman bambu-bambu yang telah dibeli. Kalau misalnya si penjual mengatakan bahwa jumlah stock bambu yang dimilikinya kurang dari kebutuhan Anda, maka Anda bisa mengulur waktunya paling tidak 4-6 minggu. Kita memang harus menunda waktu yang cukup panjang sehingga penjual bisa memiliki waktu yang cukup lama untuk mempersiapkan pesanan kita. Sebab bambu harus dikeringkan dan diawetkan terlebih dahulu sebelum dikirim ke pembeli.

Minta Saran dalam Merawat Bambu

Jangan bersikap seperti robot ya saat membeli bambu. Cobalah mengobrol dengan si penjualnya supaya Anda bisa mengakrabkan diri. Kalau berhasil, Anda bisa mendapatkan potongan harga yang lumayan loh. Untuk bahan obrolan yang bisa Anda buka sekaligus berguna bagi Anda sendiri yaitu Anda bisa meminta rekomendasi dari penjual tentang bagaimana cara merawat bambu-bambu tersebut supaya awet dan tidak cepat rusak. Anda dapat menanyakan secara detail mengenai hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam merawat bambu ini.