Pengertian Beton Ready Mix, Manfaat, dan Kelebihannya

Pembuatan konstruksi bangunan banyak memanfaatkan beton. Beton mempunyai kelebihan yaitu kuat tekan yang dimilikinya sangat baik. Beton mampu menahan beban bangunan yang begitu besar. Beton ini terbuat dari campuran semen, pasir, dan kerikil dengan perbandingan tertentu sesuai kualitas yang diinginkan. Tapi sayangnya proses pembuatan beton memakan waktu yang cukup lama. Lamanya waktu membuat beton ini dinilai tidak efisien bagi jalannya proyek pembangunan.

pengertian-beton-ready-mix.jpg

Sebagai solusi untuk mengatasi pembuatan beton secara konvensional yang tidak efisien, sekarang pun telah hadir beton instan siap pakai yang dinamakan beton ready mix. Beton ready mix ialah beton yang sudah dibuat dengan baik, siap untuk digunakan secara langsung, dan tidak perlu lagi proses pengolahan lebih lanjut di lapangan. Sedangkan beton yang dibuat di lapangan atau lokasi proyek pembangunan bisa disebut beton site mix. Kini beton ready mix lebih banyak dipilih dalam membuat bangunan.

Pada dasarnya, beton ready mix merupakan beton yang sudah siap pakai. Beton ini diproduksi dengan baik di batching plant, lalu dikirimkan ke lokasi pembangunan menggunakan mixer truck. Batching plant adalah lokasi pembuatan beton dalam skala besar. Saat ini sudah terdapat banyak sekali batching plant di Indonesia antara lain Batching Plant Holcim, Batching Plant Pioner Beton, Batching Plant Merah Putih, Batching Plant Waskita, Batching Plant Adhimix, Batching Plant Jayamix, dan Batching Plant Wika Beton.

kelebihan-beton-ready-mix.jpg

Berdasarkan kualitasnya, ada beberapa macam beton ready mix yaitu :

  • Ready Mix Kelas BO : Beton ready mix ini digunakan sebagai pengeras struktur tanah atau dasar, kemudian bisa dilakukan pengecoran finish. Kualitas ready mix kelas BO ini rendah dan memiliki tekstur yang kasar. Biasanya ready mix kelas BO dijual dengan harga Rp 730.000/m3.
  • Ready Mix K125, K175, dan K200 : Beton dengan kualitas ini biasanya dipakai untuk pekerjaan pengecoran non-struktural pada jalan-jalan yang kecil seperti jalan desa, jalan lingkungan, atau jalan di dalam gang yang memiliki intensitas bobot yang ringan. Beton ini tergolong cukup kasar, tetapi masih bisa dihaluskan melalui finishing. Adapun harganya ready mix K125 Rp 740.000/m3, ready mix K175 Rp 760.000/m3, dan ready mix K200 Rp 790.000/m3.
  • Ready Mix K225, K250, K275, dan K300 : Jenis beton ini umumnya dipakai dalam pekerjaan yang bersifat struktural seperti membuat dak bangunan tingkat lantai 2, lantai 3, dan seterusnya atau membuat lantai gudang dan lain-lain. Beton ini juga dapat dimanfaatkan dalam pekerjaan non-struktural seperti jalan umum. Harganya ready mix K225 Rp 820.000/m3, K250 Rp 840.000/m3, K275 Rp 860.000/m3, dan K300 Rp 880.000/m3.
  • Ready Mix K350, K375, dan K400 : Beton ready mix dengan kualitas ini biasanya dimanfaatkan di dalam pekerjaan non-struktural pada jalan-jalan besar seperti jalan negara, jalan propinsi, jalan tol, serta bandara. Beton ini juga bisa dipakai pada proyek yang memerlukan treatment khusus seperti kolam renang, water tank, dan lain-lain. Harga dari beton ini yaitu K350 Rp 900.000/m3, K375 Rp 940.000/m3, dan K400 Rp 980.000/m3.
  • Ready Mix K450 dan K500 : Beton ready mix ini umumnya dipakai dalam pengerjaan untuk non-struktural yang memiliki tingkat intensitas tonase yang cukup besar (heavy duty). Contohnya seperti pembuatan jalan di dalam kawasan industri, bandar udara, lapangan alat berat, dan lain sebagainya. Untuk harganya, ready mix K450 Rp 1.000/m3 dan K500 Rp 1.100.000/m3.

Pembuatan bangunan rumah tinggal biasanya menggunakan beton mutu K225, K250, K275, atau K300.

manfaat-beton-ready-mix.jpg

Sebelum ready mix dikirimkan dari batching plant, seluruh rangkaian persiapan untuk pengecoran harus sudah tuntas. Area proyek pembangunan mesti telah disiapkan dengan baik. Pembuatan bekisting perlu dicek sekali lagi untuk memastikan kondisinya benar-benar kuat sehingga tidak terjadi perubahan pada struktur (settlement) selama proses pengeringan berlangsung. Hal ini dapat mencegah beton mengalami keretakan pada struktur bagian dalamnya.

Pemakaian beton ready mix mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan dengan beton konvensional. Di bawah ini manfaat-manfaat serta keunggulan yang bakal Anda peroleh ketika menggunakan beton ready mix.

  1. Proyek Pembangunan dapat Berjalan Lebih Efisien

Manfaat utama beton ready mix yaitu mampu mempercepat jalannya pembangunan, khususnya dalam pekerjaan pengecoran. Bahkan selisih waktunya sendiri hingga mencapai 1/10 lebih cepat daripada memakai beton konvensional.

  1. Tidak Butuh Tenaga Tambahan untuk Pengecoran

Pengerjaan pengecoran adalah pekerjaan yang sangat merepotkan, memerlukan banyak tenaga, dan harus diselesaikan dengan cepat. Tapi dengan menggunakan beton ready mix, Anda tidak perlu melakukan penambahan tenaga kerja.

  1. Kualitas serta Konsistensi Adukan Beton Terjamin

Pembuatan beton secara konvensional seringkali luput dari pengawasan sehingga menyebabkan kualitasnya tidak konsisten. Berbeda dengan beton ready mix yang diproduksi oleh para tenaga profesional dengan pengawasan yang ketat dan jaminan mutu.

  1. Struktur Beton Lebih Kuat, Awet, dan Tahan Lama

Karena beton ready mix mempunyai kualitas yang tinggi dan sangat terjamin mutunya, alhasil struktur yang dihasilkan pun sangat kuat dan kokoh. Beton tersebut bukanlah beton abal-abal. Melainkan beton yang sangat awet, tahan lama, dan tidak cepat rusak.

  1. Proses Pembuatan Beton Menjadi Sangat Praktis

Kalau sebelumnya Anda harus melalui beberapa tahapan untuk membuat beton, maka dengan memanfaatkan ready mix prosesnya kini menjadi jauh lebih praktis. Selain membuat waktunya lebih efisien, pekerjaan pun menjadi sangat efektif.

  1. Pembelian Beton Ready Mix Lebih Mudah Dilakukan

Proses pembuatan beton secara konvensional mengharuskan Anda membeli bahan bakunya secara terpisah-pisah, terutama untuk mendapatkan harga yang terbaik. Hal ini tentunya sangat merepotkan. Dengan ready mix, Anda lebih mudah membeli beton.

  1. Kondisi Area Lingkungan Pembangunan Lebih Bersih

Tidak dipungkiri kalau pengerjaan pengecoran selalu menyisakan sampah yang begitu banyak. Dalam waktu sekejap, kondisi area proyek menjadi sangat kotor. Hal ini dapat dicegah dengan menggunakan beton ready mix yang telah siap untuk dipakai.

  1. Biaya Total Pengerjaan Pembangunan Lebih Rendah

Kelihatannya memang biaya yang dibutuhkan untuk pengadaan beton ready mix lumayan besar ya. Namun kalau Anda menghitung-hitung lagi, biaya total pengerjaan pembangunan bakal lebih murah saat Anda memakai beton jenis ready mix daripada site mix.