Pelajari 11 Kelebihan dan Kekurangan Bondek Berikut Ini!

Anda bisa menggunakan bondek ketika membuat pelat lantai. Bondek adalah material berupa lembaran logam yang terbuat dari baja galvanis berkekuatan tinggi. Sekilas sih mirip seperti atap dari bahan metal. Tetapi berbeda dengan spandek yang dipakai untuk atap bangunan, bondek tak bisa digunakan sebagai atap. Bondek ini biasanya dimanfaatkan sebagai material pengganti papan kayu dan tripleks, khususnya dalam pekerjaan pengecoran beton. Buat apa ya kira-kira?

Ternyata bondek merupakan material alternatif papan kayu/tripleks yang dapat Anda gunakan sebagai alas cor. Bahan bangunan ini bisa Anda manfaatkan sebagai material alas untuk pengecoran. Tapi beda dengan papan kayu/tripleks yang harus dilepaskan setelah pekerjaan pengecoran sudah rampung, Anda tidak perlu melepaskan bondek ini. Selain jauh lebih praktis, penggunaan seperti ini juga akan memberi beberapa keuntungan bagi Anda. Apa sajakah keuntungan tersebut?

KELEBIHAN BONDEK

kelebihan-dan-kekurangan-bondek.jpg

Di bawah ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh bondek, di antaranya :

  1. Bisa Menghemat Anggaran

Penggunaan bondek dapat menghemat anggaran pembangunan secara signifikan. Hal ini karena pemakain bondek mampu menghemat biaya pengadaan bekisting lantai. Perlu Anda ketahui, bondek ini bisa berfungsi sebagai floordeck sekaligus form work. Bondek mampu menghemat bagian bekisting yang menjadi cetakan penentu bentuk konstruksi beton yang masih segar. Bahan ini dapat mengambil alih peran dari bekisting konvensional tersebut.

  1. Tidak Butuh Besi Tulangan

Dengan memakai bondek, pembuatan pelat lantai pun tak perlu memakai besi tulangan bawah lagi. Sebab bondek sanggup berperang sebagi pengambil alih peran dari besi tulangan, terutama sebagai penulangan positif satu arah. Anda tidak membutuhkan besi tulangan bagian bawah lagi karena fungsinya sudah tergantikan oleh bondek tersebut. Perlu diketahui, bondek di pasaran tersedia dengan ukuran ketebalan dari mulai 0,75 mm sampai 1 mm.

  1. Pengerjaan Lebih Cepat

Apabila kita membandingkan antara pekerjaan pengecoran menggunakan bondek dan memakai sistem pengerjaan secara konvensional, maka pemakaian bondek lebih menguntungkan. Bondek dapat menghemat biaya pengerjaan karena prosesnya menjadi lebih cepat. Penggunaan bondek terhitung lebih murah dan lebih hemat dari segi penggunaan waktu pelaksanaan proyek. Karena proyeknya lebih cepat selesai, maka biayanya pun lebih murah.

  1. Hasilnya Bakal Lebih Rapi

Proses pembuatan beton memang sedikit tricky, khususnya pada bagian yang berhubungan langsung dengan alas cornya. Ada kemungkinan bagian tersebut mengalami keropos, retak, atau ngeplin. Kalau sudah begini dibutuhkan pekerjaan finishing tambahan untuk memolesnya. Tapi jika memakai bondek, masalah tersebut tak bakal terjadi. Bagian bawah plat lantai yang dibuat dengan bondek pasti terjamin rapi.

  1. Lebih Tahan Terhadap Api

Berdasarkan uju ketahanan terhadap api yang telah dilakukan, maka diketahui bahwa bondek mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap api dan suhu yang tinggi. Bondek mampu bertahan di dalam api selama 2 jam berturut-turut. Hal ini tidak terlepas dari stabilitas dan integritas yang dimilikinya memang bermutu bagus. Dengan demikian, pelat lantai yang dibuat menggunakan bondek akan lebih aman apabila terjadi kebakaran.

  1. Material Bersifat Anti-Karat

Tahukah Anda, bondek adalah material bangunan yang terbuat dari bahan galvanis. Jadi secara otomatis bondek merupakan bahan yang bersifat anti-karat sehingga mampu bertahan dengan baik dalam waktu yang lama dan tidak bakal mengalami korosi. Anda tidak perlu khawatir saat menggunakan bondek dalam pekerjaan pengecoran.  Bondek yang dipakai sebagai alas cor dari plat tersebut tidak bakal berkarat dan mampu bertahan lama sekali.

  1. Efektif Menanggung Beban

Ini dia fungsi tambahan yang dimiliki oleh bondek. Awalnya memang bondek dibuat untuk mempermudah pembuatan pelat lantai saja dan memastikan beton yang dibuat mempunyai permukaan yang rapi. Namun di samping itu, bondek juga dapat ikut menahan beban yang ada di atasnya. Dengan bentuk yang bergelombang dan memiliki tonjolan di sisi rusuk, bondek bisa memberikan sifat monolit yang baik antara pelat lantai dengan beton.

KEKURANGAN BONDEK

keunggulan-dan-kelemahan-bondek.jpg

Sementara untuk kekurangan-kekurangan bondek antara lain :

  1. Tak Bisa Dipasang di Tepi

Bondek memang bagus diaplikasikan sebagai alas dari pengecoran. Tak hanya menjadi alas saja, bondek juga dapat bertindak sebagai penguat dari pelat lantai yang dibuat. Namun sayangnya bondek ini tidak bisa kita pasang di bagian sisi tepi dari bangunan. Anda tak bisa memanfaatkan material yang satu ini dalam pembuatan pelat kuantilever.  Jadi Anda harus memakai metode konvensional dalam pembuatan pelat kuantilever ini.

  1. Harganya Berubah-ubah

Kekurangan bondek yang selanjutnya yaitu mempunyai harga beli yang sangat fluktuatif. Harga material ini terus mengalami perubahan mengikuti perkembangan dari harga baja. Hal ini akan sangat menyulitkan bagi Anda dalam menyusun anggarannya. Perlu perhitungan yang terkini dalam menghitung efisiensi penggunaan bondek agar tepat sasaran. Anda bisa mengetahui harga update bondek setiap waktu di website Arafuru.com ini.

  1. Perlu Keterampilan Tinggi

Memasang bondek sebagai alas cor beton kenyataannya tidak segampang yang dilihat loh. Anda memerlukan keterampilan yang tinggi supaya dapat memasang bondek tersebut dengan baik dan rapi. Pemasangan bondek harus dilaksanakan secara cermat karena akan mempengaruhi hasil beton yang dibuatnya nanti.  Bondek harus dipasang dengan rapi, menghampar secara merata ke seluruh bagian pelat lantai yang hendak dibuat.

  1. Butuh Penghitungan Cermat

Diperlukan penghitungan secara cermat dalam menentukan jumlah kebutuhan bondek dalam suatu proyek pembuatan cor. Perlu perencaan yang baik serta perhitungan bondek secara cermat supaya tidak banyak sisa-sisa material bondek yang terbuang dengan percuma. Lakukan penghitungan jumlah kebutuhan bondek ini dengan tepat. Pola pemasangan yang baik akan membuat bondek dapat digunakan seefektif mungkin.