Menggunakan Lem Silikon untuk Mengelem Kaca

Ketika ingin membuat kerajinan tangan yang terbuat dari kaca, Anda membutuhkan lem silikon sebagai bahan perekatnya. Lem ini dipilih sebab bekerja baik saat digunakan untuk merekatkan potongan-potongan kaca. Kaca bisa menempel sempurna apabila direkatkan menggunakan lem silikon. Selain itu, lem silikon juga mampu menahan tekanan air dengan baik. Sehingga cocok sekali digunakan dalam proses pembuatan akuarium.

Walaupun kaca memiliki struktur yang  sangat rapuh, mudah pecah, dan rawan melukai tubuh, tetapi material ini bisa diolah menjadi suatu karya seni yang sangat indah. Biasanya digunakan kaca datar sebagai bahan baku pembuatan kerajinan tangan. Dengan sedikit kreativitas serta imajinasi dan kemauan, maka jadilah suatu karya seni yang menarik. Anda pun dapat membuat kerajinan dari bahan kaca ini sendiri jika tertarik mencobanya.

cara-menggunakan-lem-silikon.jpg

Sebenarnya tidak sulit kok untuk membuat kerajinan dari bahan kaca. Prosesnya kurang lebih sama yaitu Anda perlu memotong kaca ukuran besar menjadi beberapa potongan berukuran kecil terlebih dahulu. Kemudian menyusun potongan-potongan kaca tersebut menjadi bentuk yang sesuai dengan keinginan. Di sini Anda membutuhkan lem yang berbasis silikon untuk menempelkan potongan demi potongan material kaca tadi.

Contohnya sekarang kita akan menggunakan silikon untuk membuat akuarium dari kaca.

Bahan-bahan yang dibutuhkan :

  • Kaca datar
  • Lem silikon

Alat-alat yang digunakan :

  • Pemotong kaca
  • Spidol hitam
  • Batu gerinda
  • Penggaris
  • Air
  • Wadah

Langkah-langkah :

  1. Buatlah pola di atas kaca berupa 5 buah persegi panjang yang memiliki ukuran sesuai dengan ukuran akuarium yang ingin Anda buat.
  2. Tandai pola tersebut menggunakan spidol kaca. Gunakan penggaris untuk membuat garis yang menghubungkan pola agar lurus dan rapi.
  3. Letakkan kaca di atas meja kerja. Potonglah kaca tersebut memakai alat pemotong khusus sesuai dengan pola yang sudah dibuat sebelumnya.
  4. Haluskan bagian pinggir potongan kaca menggunakan gerinda supaya aman. Basahi batu gerinda ini dengan air supaya debu kaca tidak menyebar.
  5. Susun potongan-potongan kaca tadi membentuk sebuah akuarium. Untuk sementara waktu, Anda bisa menggunakan selotip sebagai penahannya.
  6. Aplikasikan lem silikon di bagian pertemuan-pertemuan potongan kaca. Oleskan lem silikon ini di setiap pertemuan potongan kaca. Gunakan lem dari sisi bagian dalam.
  7. Proses pengeleman memakai lem silikon harus dilakukan serapi mungkin. Pastikan tak ada celah atau lubang kecil yang masih terbentuk.
  8. Diamkan sejenak sampai lem silikon mengering. Agar lem silikon cepat kering, Anda bisa memilih lokasi kerja di tempat terbuka atau ruangan yang tidak terlalu lembab.
  9. Ujilah kualitas akuarium yang telah Anda buat. Coba masukkan air ke dalamnya dan perhatikan dengan baik apa yang akan terjadi selanjutnya.
  10. Jika ada rembesan air yang muncul, Anda perlu mengoleskan kembali lem silikon di tempat tersebut. Namun bila tak ada, artinya Anda telah berhasil membuat akuarium.