Material
May27

Macam-macam Dempul, Apa Saja Ya?

Ingin tahu apa sajakah macam-macam dempul itu? Dempul bisa diartikan sebagai bahan yang digunakan untuk mengisi celah/lubang pada kayu, logam, dan tembok sehingga permukaannya menjadi rata. Penerapan dempul umumnya menggunakan scrap atau kape dengan mengisikannya pada permukaan benda yang berlubang. Setelah dempul mengering, barulah dapat dilakukan pengamplasan memakai kertas ampelas agar permukaannya semakin halus dan rata.

Saat ini, ada berbagai macam dempul yang dijual di toko bangunan. Semuanya mempunyai fungsi dan kegunaan yang berbeda-beda menurut tujuan awal pembuatannya. Penasaran apa sajakah jenis-jenis dempul tersebut? Yuk, kita cari tahu secara bersama-sama!

macam-macam-dempul.jpg

Berdasarkan bidang yang diisi, terdapat 3 macam dempul di antaranya :

1. Dempul Kayu

Dempul kayu adalah dempul yang berguna untuk meratakan permukaan kayu yang berlubang sehingga pekerjaan finishing kayu dapat dilakukan dengan benar. Pengisian dempul ini biasanya dikerjakan pada kayu yang masih mentah sebelum dilaksanakan proses finishing. Dempul kayu dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu dempul murni dan wood filler.

Perbedaan keduanya terletak pada kegunaan utama serta karakteristik bahannya. Perlu diketahui, fungsi utama dempul kayu yakni untuk menutup lubang pada kayu, sedangkan wood filler berguna untuk mengisi pori-pori kayu sehingga tampilan serat tersebut lebih menonjol. Begitu pula dengan karakteristik yang dimiliki oleh dempul lebih padat dan cepat mengering, berbeda dengan wood filler yang karakteristiknya lebih halus.

2. Dempul Logam

Dempul logam ialah dempul yang berfungsi untuk meratakan permukaan logam, khususnya besi dan baja. Setelah diratakan, permukaan logam tersebut bisa diberikan finishing yang tepat sehingga hasilnya lebih rapi dan memuaskan. Dempul logam banyak digunakan oleh bengkel mobil dan motor, bengkel las, proyek konstruksi besi, dan sebagainya.

3. Dempul Tembok

Dempul tembok juga dipakai untuk meratakan permukaan tembok sebelum proses pengecatan dimulai. Tembok yang telah dilapisi dempul akan lebih mudah dicat, cepat kering, dan hasilnya pun tampak optimal. Selain itu, penerapan dempul juga dapat menghemat kebutuhan cat dinding yang dibutuhkan. Beberapa orang sering menyebut dempul tembok sebagai plamur atau cat dasar.