Material
Jun15

Kelebihan dan Kekurangan Triplek (Plywood)

Apakah kelebihan dan kekurangan triplek (plywood)? Triplek (plywood) adalah kayu pabrikasi yang dibuat dari kayu solid yang diproses menjadi lembaran-lembaran berukuran tipis. Arah serat pada lapisan kayu ini kemudian disusun melintang antara lapisan bawah dan lapisan atasnya menggunakan perekat khusus. Selanjutnya tumpukan lapisan lembaran-lembaran kayu tersebut diberikan tekanan yang besar sehingga tercipta lah lembaran triplek dengan ketebalan tertentu.

Lapisan permukaan terluar pada triplek biasanya lebih kuat dibandingkan dengan lapisan tengahnya. Hal ini bertujuan untuk melindungi lapisan dalam triplek sehingga proses pemuaian dan tekanan tekuk dapat direduksi dengan baik. Kebanyakan plywood di Indonesia terbuat dari kayu pinus, kayu sengon, dan kayu sungkai.

kelebihan-dan-kekurangan-triplek.jpg

Triplek sering digunakan sebagai bahan baku dalam pembuatan alat dan perabotan rumah tangga. Dari mulai meja, kursi, lemari, pintu, dipan, dan sebagainya bisa dibuat memakai bahan ini. Kelebihannya selain lebih murah, plywood juga mempunyai daya tahan yang bagus terhadap keretakan, lengkungan, pecah, serta pelintir. Di pasaran, biasanya triplek tersedia dalam ukuran 120 x 240 cm dengan tingkat ketebalan yang bermacam-macam.

Berikut ini kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh triplek antara lain :

  1. Triplek merupakan produk olahan kayu yang penggunaannya sangat praktis dan gampang dibentuk daripada produk-produk sejenis.
  2. Triplek mempunyai tingkat ketahanan yang tinggi terhadap penyusutan sehingga bentuk dan ukurannya tidak gampang berubah.
  3. Triplek tersedia dalam berbagai pilihan ukuran dan ketebalan yang lebih bervariasi sehingga memudahkan kita dalam memilih yang paling tepat.
  4. Triplek memiliki daya tahan yang tinggi terhadap perubahan cuaca yang ekstrim serta daya tekuk yang dimilikinya lebih bagus dibandingkan produk kayu lainnya.
  5. Triplek mempunyai struktur yang kokoh sehingga cocok sekali digunakan untuk rangka utama pembuatan furniture.
  6. Triplek bersifat anti air atau setidaknya lebih tahan terhadap air ketimbang jenis-jenis kayu yang lain berkat adanya lapisan keras yang menyelubungi permukaannya.
  7. Triplek dibuat dengan ukuran yang presisi dan seragam, serta tekstur pada lapisan permukaannya pun sangat halus.

Sedangkan, kekurangan-kekurangan triplek yaitu :

  1. Daya tahan yang dimiliki oleh triplek terhadap cuaca yang ekstrim secara terus-menerus tidak lebih bagus daripada kayu solid.
  2. Triplek tidak cocok digunakan sebagai bahan baku pembuatan alat dan perabotan rumah tangga yang bersifat outdoor.
  3. Pengangkutan triplek dari tempat pembelian ke lokasi pengerjaan harus dilakukan dengan hati-hati mengingat ukuran ketebalannya yang tipis.
  4. Kadang-kadang ditemukan triplek yang mempunyai permukaan kurang halus dan bergelombang.
  5. Penggabungan beberapa lembaran triplek harus memakai paku tembak agar hasilnya lebih maksimal dan rapi.
  6. Tingkat presisi pada sisi ketebalannya kurang bagus, khususnya apabila permukaan triplek sudah bergelombang.
  7. Dibutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi untuk melakukan finishing pada triplek supaya hasilnya sesuai keinginan.