Material
Dec14

Jenis-jenis Sambungan Pipa Paralon

Apakah jenis-jenis sambungan pipa paralon? Terbuat dari bahan vinil, pipa PVC banyak digunakan sebagai sarana pembuatan saluran air. Dalam pemasangannya, pipa ini membutuhkan sambungan untuk memperpanjang ukuran serta membelokkan arahnya. Selain terbuat dari vinil, beberapa sambungan pipa juga banyak yang berbahan galvanis, kuningan, stainless steel, dan sebagainya.

Berdasarkan desainnya, sambungan pada pipa paralon terdiri dari beberapa ragam. Di antaranya meliputi socket, elbow, tee stuck, reducer, cross, adapter, dan nipple. Pemilihan model sambungan tersebut harus disesuaikan dengan maksud dan tujuannya. Misalnya jika Anda ingin membuat saluran yang bercabang dua, maka gunakan sambungan pipa yang bertipe elbow.

jenis-jenis-sambungan-pipa.jpg

Berikut ini delapan jenis sambungan pipa paralon yang patut Anda ketahui :

  1. Socket

Socket atau shock merupakan sambungan yang dapat dipakai untuk menyambung pipa dengan bentuk yang lurus dan mempunyai diameter yang sama. Artinya sambungan ini berfungsi untuk memperpanjang ukuran pipa paralon. Ada 6 jenis socket pipa PVC yaitu socket polos, socket drat luar, socket drat dalam, socket drat luar polos, socket drat dalam polos, dan socket drat luar dalam.

  1. Elbow

Ebow, knee, atau L adalah sambungan yang berbentuk menyerupai huruf L. Sambungan bisa diandalkan untuk membelokkan saluran dengan sudut yang tajam. Beberapa jenis sambungan elbow antara lain elbow polos, elbow drat dalam, elbow polos drat dalam, dan elbow 45 derajat. Ada pula elbow berjenis bend yang digunakan untuk membelokkan saluran yang memiliki radius cukup besar.

  1. Tee Stuck

Tee stuck dibuat dalam bentuk seperti huruf T. Guna sambungan ini ialah membagi saluran menjadi dua arah. Beberapa jenis tee stuck yaitu tee stuck polos, tee stuck drat, double tee stuck, dan Y stuck.

  1. Reducer

Sesuai namanya, reducer yakni sambungan pipa yang berperan sebagai peredam untuk memperkecil aliran di dalam saluran. Berdasarkan fungsinya, reducer terdiri atas dua jenis yaitu reducer elbow dan reducer socket. Reducer elbow dipakai untuk memperkecil aliran yang dibelokkan. Sedangkan reducer socket berguna untuk memperkecil aliran di dalam socket.

  1. Cross

Cross merupakan sambungan pipa PVC yang bisa digunakan untuk membagi saluran menjadi tiga arah yang sama rata. Di antaranya arah kanan, arah tengah, dan arah kiri.

  1. Penutup

Ada dua jenis sambungan pipa yang berfungsi sebagai penutup yaitu dop (F) dan plug. Adapun dop (F) biasanya diterapkan pada saat kita hendak menutup aliran yang terdapat di ujung pipa. Sementara itu, plug merupakan penutup yang dikhususkan untuk menutup sambungan pipa.

  1. Adapter

Adapter atau transision merupakan sambungan yang berfungsi untuk menghubungkan dua buah pipa atau lebih yang mempunyai ukuran diameter yang berlainan. Jika Anda ingin menyambung empat buah pipa yang mempunyai diameter yang berbeda-beda, pakailah bushis. Secara prinsip, bushis dirancang untuk menyatukan 4 pipa PVC yang berdiameter tidak sama.

  1. Nipple

Hexagonal nipple adalah sambungan yang berfungsi sebagai pengencang pipa. Dinamakan hexagonal karena nipple ini memiliki penampang yang berbentuk segi enam. Sambungan ini umumnya diaplikasikan untuk mengencangkan sambungan menggunakan kunci khusus.