Jenis-jenis Paving Block Menurut Bentuknya

Menurut bentuk dan ukurannya, apa sajakah jenis-jenis paving block itu? Paving block bisa menjadi salah satu alternatif terbaik sebagai material perkerasan jalan. Ini dikarenakan bahan bangunan yang terbuat dari campuran abu, semen, dan batu ini mempunyai struktur yang sangat kuat dan kokoh. Tampilan jalan yang ditutupi oleh paving block juga tampak menarik. Di samping itu, jalan paving block pun masih memungkinkan air untuk terserap ke pori-pori tanah sehingga dapat menjaga persediaan air tanah serta meminimalisir terjadinya banjir.

Seiring dengan perkembangannya, para produsen paving block terus melakukan inovasi terhadap bahan bangunan buatannya. Inovasi tersebut juga mencakup bentuk dan ukuran paving block yang kini semakin beraneka ragam. Jika dulu kita hanya mengenal paving block yang berbentuk bata atau segi enam, berbeda dengan pilihan model paving block yang ada banyak sekali. Di antaranya yaitu trihex, hexagon, hexantik, unipave, classic, truepave, kapak, grassblock, topi uskup, segi tiga, segi empat, segi lima, dan lain-lain.

jenis-jenis-paving-block.jpg

Mari kita mengenal dari masing-masing jenis paving block tersebut!

  1. Paving Block Batubata

Ini dia paving block yang paling banyak digunakan. Bentuknya balok menyerupai batubata. Ukuran penampang yang umum dari paving block ini adalah 10,5 x 21 cm. Sedangkan ukuran ketebalannya yaitu 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Setiap 1 m bidang membutuhkan setidaknya 44 buah paving block batubata. Selain berwarna abu-abu, saat ini juga sudah ada paving yang warnanya merah dan hitam.

  1. Paving Block Unipave (Cacing)

Salah satu jenis paving block yang memiliki bentuk unik ialah unipave (cacing). Paving ini biasanya mempunyai dimensi 11,5 x 22,5 cm dan ketebalannya 6 cm, 8 cm, atau 10 cm. Kebutuhan paving block ini sekitar 39 buah/m2. Model paving ini juga tersedia dalam pilihan warna abu-abu, merah, dan hitam.

  1. Paving Block Trihex (Segi Tiga)

Paving block yang berbentuk segi tiga juga cukup digemari oleh masyarakat di Indonesia. Biasanya, ukuran paving block trihex ini yaitu 19,7 x 9,6 cm. Untuk ketebalannya berkisar antara 6-10 cm. Ada tiga pilihan warna dari paving ini seperti abu-abu, hitam, dan merah. Dibutuhkan 39 buah paving block trihex untuk membentuk bidang seluas 1 m2.

  1. Paving Block Hexagon (Segi Enam)

Paving block dengan model ini juga mempunyai penggemar yang cukup banyak. Ini dikarenakan tampilan susunannya yang unik menyerupai sarang lebah. Paving dengan tipe hexagon biasanya memiliki dimensi 20 x 20 cm. Ketebalannya meliputi 6 cm, 8 cm, dan 10 cm. Anda memerlukan paving ini kurang lebih sebanyak 27 buah untuk membuat jalan seluas 1 m2.

  1. Paving Block Topi Uskup

Dinamakan topi uskup karena susunan paving-paving block ini membentuk pola yang tampak seperti topi uskup. Penampangnya rata-rata mempunyai ukuran panjang 30 cm, lebar 21 cm, dan tebal sekitar 6 cm, 8 cm, atau 10 cm. Di dalam setiap 1 m2 berisi paving block ini sejumlah 25 buah. Warna yang tersedia meliputi abu-abu, hitam, dan merah.

  1. Paving Block Grassblock

Jika Anda menginginkan paving block yang bentuknya lain daripada yang lain, Anda bisa memilih paving block yang berjenis grassblock. Ada dua tipe dari paving ini antara lain grassblock L5 dan grassblock L8. Grassblock L5 berukuran 40 x 40 x 8 cm yang berisi sekitar 6,25 buah/m2. Sedangkan grassblock L8 berukuran 30 x 45 x 6 cm atau 30 x 45 x 8 cm yang berisi 7,5 buah/m2.

  1. Paving Block Classic

Paving block classic tentu saja sangat bagus apabila digunakan untuk menciptakan desain klasik pada suatu area. Karena bentuknya menyerupai bunga, beberapa orang juga menyebutnya dengan paving block bunga. Jenis paving block yang satu ini paling pas dipakai untuk mendukung keperluan estetika. Anda membutuhkan paving block classic sejumlah 32 buah per meter persegi.