Material
Jan9

Jenis-jenis Material untuk Membuat Fasad Rumah

Apakah jenis-jenis material yang dapat dipakai untuk membuat fasad rumah? Semua rumah pasti mempunyai fasad. Fasad rumah adalah penampang rumah yang pertama kali terlihat dari luar. Oleh karena itu, bagian ini memegang peranan paling penting terhadap kesan dari desain rumah Anda. Cita rasa dan selera Anda akan desain tergambar jelas di sini. Fasad rumah juga bisa menceritakan bagaimana suasana di dalam rumah serta kepribadian Anda sekeluarga.

Anda harus membangun fasad rumah dengan sebaik-baiknya. Percuma kalau desain interiornya sudah bagus, tetapi bagian fasadnya bernilai minus. Pastikan pula antara fasad dengan interior memiliki konsep yang senada dan seirama. Tema dekorasinya tidak boleh berubah-ubah, bertentangan, atau bertolak belakang. Gunanya tentu agar nilai estetika dari rumah Anda terpancar menjadi satu kesatuan yang utuh dan bagus.

jenis-material-fasad-rumah.jpg

Pembuatan fasad rumah bisa dilakukan menggunakan berbagai macam material bangunan. Anda bisa bermain dengan cat untuk menghasilkan fasad yang indah. Kombinasikan beberapa warna cat dan ciptakan perpaduan warna yang spektakuler. Jika ingin bermain lebih rumit, cobalah memanfaatkan batu alam, keramik, granit, atau kayu. Material-material tersebut akan membuat desain rumah Anda semakin menarik dan menakjubkan.

Pada kesempatan kali ini, mari kita pelajari bahan-bahan bangunan yang bisa dipakai untuk membuat fasad rumah beserta kelebihan dan kekurangan yang dimilikinya!

Cat Dinding

Orang-orang paling banyak menggunakan cat dinding atau cat tembok untuk memperindah tampilan fasad rumahnya. Selain dari segi harganya yang lebih terjangkau, cat dinding juga mudah sekali diaplikasikan. Bahkan orang awam yang belum pernah melakukannya pun bisa langsung mengecat dinding. Seiring dengan berkembangnya teknologi, kini sudah banyak ditemukan produk cat yang gampang dirawat dan mudah dibersihkan.

Khusus untuk fasad, Anda harus memakai produk cat yang memang dikhususkan untuk bagian eksterior rumah. Cat ini memiliki keunggulan seperti warnanya tidak cepat pudar dan mampu memberikan perlindungan terhadap kelembaban air. Jika suatu saat nanti Anda sudah bosan dengan warnanya tinggal ganti saja dengan cat baru. Namun penerapan cat dinding harus dilakukan secara benar agar hasilnya bagus, tidak belang, serta tidak cepat pudar.

Keramik dan Granit

Material bangunan berupa keramik atau granit ini memiliki kelebihan pada daya tahannya yang cukup kuat, baik terhadap gesekan, sinar matahari, maupun cuaca yang ekstrim. Tidak terlalu sulit untuk merawat keramik/granit supaya tetap awet dan indah. Kabar baiknya adalah sekarang keramik dan granit ini tersedia dalam beraneka ragam warna dan motif. Bahkan ada pula yang dibuat menyerupai batu alam, kayu, logam, dan sebagainya.

Proses pemasangan keramik dan granit terbilang lumayan sulit sehingga pengerjaannya harus dilakukan oleh orang profesional. Pemasangan yang kurang baik akan berpengaruh terhadap penampilannya yang tidak memuaskan. Misalnya seperti seluruh permukaannya tidak rata atau nat yang ukurannya tidak rapi. Selain itu, keramik dan granit juga tidak bisa dipasang dengan bentuk yang lebih variatif seperti halnya batu alam. Pada bagian pinggir material ini sering kali terdapat bercak-bercak putih akibat warnanya tidak tercetak jelas.

Kayu

Bagi Anda yang menginginkan rumah dengan gaya alam atau natural bisa mengandalkan elemen kayu sebagai material utama pembentuk fasad rumah. Kayu merupakan bahan bangunan yang paling ampuh untuk menciptakan suasana rumah tinggal ala pedesaan. Bobotnya yang tidak terlalu berat juga dapat menghemat penggunaan material bangunan yang lain. Perlu Anda ketahui, setiap jenis kayu mempunyai karakteristik tersendiri yang terpancar dari warna dan serat kayunya.

Sayangnya adalah harga kayu sekarang sudah semakin mahal. Hal ini dikarenakan jumlah hutan penghasil kayu terus berkurang padahal tingkat permintaannya semakin tinggi. Jadi sesuai dengan hukum ekonomi, kondisi ini membuat harga kayu berkualitas baik sudah tidak terjangkau lagi bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Apabila memaksakan diri menggunakan kayu nomor dua, kayu ini gampang sekali rusak terutama akibat serangan rayap dan kumbang penggerek.

Batu Alam

Tren desain rumah modern dan minimalis membuat keberadaan batu alam semakin diperhitungkan. Pasalnya material ini sanggup menciptakan gaya yang natural dan megah di saat yang bersamaan. Apalagi sekarang sudah ada banyak sekali jenis-jenis batu alam yang mempunyai karakteristik dan tampilan berbeda-beda. Bahkan ada pula batu alam yang bisa diukir untuk membuatnya semakin menarik lagi. Kelebihan lain dari batu alam yaitu dapat dibuat menjadi berbagai macam kreasi lewat teknik pemasangannya.

Tetapi untuk menjaga keindahan batu alam, Anda harus merawatnya secara rutin. Sebab batu alam ini gampang sekali kotor dan ditumbuhi lumut. Anda akan sulit membersihkannya kalau material tersebut sudah terlanjur terkena noda membandel. Dibutuhkan pembersihan memakai sikat kawat untuk menghilangkan semua kotoran, noda, lumut, dan jamur yang tumbuh di permukaannya. Batu alam juga harus diberi coating ulang setiap 6-12 bulan sekali supaya keindahannya tetap terpancar dengan baik.