Material
Jun23

Jenis-jenis Kusen di Indonesia

Apa sajakah jenis-jenis kusen yang ada di Indonesia? Kusen dikenal sebagai bingkai/frame yang menjadi tumpuan daun pintu serta jendela sehingga dapat dibuka dan ditutup dengan mudah. Pada pembuatannya, tingkat ketebalan kusen harus diesuaikan dengan ketebalan dinding di sampingnya.

Saat ini, ada beberapa kusen pintu dan kusen jendela yang ada di Indonesia. Berdasarkan materialnya, kusen-kusen tersebut terdiri atas kayu, aluminium, UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride), fiberglass, vinyl, dan baja ringan. Masing-masing kusen ini mempunyai keunggulan dan kelemahan tertentu, di mana karakteristiknya dipengaruhi oleh sifat dasar bahan yang bersangkutan.

jenis-macam-kusen.jpg

Seperti yang dijabarkan kali ini, berbagai jenis kusen yang patut Anda ketahui :

Jenis 1 : Kusen Kayu

Kusen kayu terbuat dari material kayu. Meskipun bahan dasarnya bisa diperbaharui, namun waktu yang dibutuhkannya sangat lama. Butuh setidaknya beberapa tahun supaya kualitas kayu tersebut meningkat. Karena tingkat permintaan yang tinggi tidak berbanding lurus dengan ketersediaan stok kayu di lapangan, harga kusen kayu pun sangat mahal.

Kusen kayu bersifat fleksibel sehingga bisa dipasang di desain rumah yang bergaya apapun. Kusen ini juga mampu menghadirkan kesan natural dengan kualitas bahan yang dapat dikatakan baik. Sebelum diolah menjadi kusen, kayu perlu melewati proses pengeringan terlebih dahulu untuk mengurangi kadar air sehingga daya tahannya kian lama.

Kayu bisa dibuat dalam berbagai bentuk seperti lurus atau melengkung. Material ini bahkan memiliki tingkat perlindungan yang bagus terhadap suhu udara yang panas atau dingin dari luar ruangan. Sayangnya kayu yang tidak dirawat dengan benar gampang digerogoti oleh rayap. Agar masa pakainya lama, kayu juga perlu diberikan coating secara berkala

Jenis 2 : Kusen Aluminium

Kusen aluminium merupakan alternatif kusen kayu yang memiliki harga lebih murah. Material ini lebih tahan keropos dan tidak mungkin dimakan oleh rayap. Struktur kusen aluminium juga tidak dipengaruhi oleh perubahan cuaca serta tidak mengalami pemuaian, penyusutan, maupun perubahan bentuk. Tenang saja, kusen aluminium bisa di-finishing dengan beragam desain, bahkan dibuat mirip seperti kayu. Bobotnya yang ringan dan perawatannya yang mudah menjadi keunggulan tersendiri bagi kusen ini.

Namun demikian, kusen aluminium yang diproduksi oleh pabrik ini mempunyai pilihan bentuk dan desain yang terbatas. Pemasangan kusen ini juga membutuhkan keterampilan yang tinggi yakni pada saat mengaitkan kusen ke dinding memakai fischer. Tidak hanya itu, kusen aluminium rawan mengalami penyok bila mengalami benturan. Serta kusen ini juga rentan mengalami rembes karena air hujan sehingga perlu dipasangi penyekat karet (sealant).

Jenis 3 : Kusen UPVC (Unplasticized Polyvinyl Chloride)

UPVC adalah material turunan plastik yang memiliki sifat plastisi yang minimal. Keunggulan yang dimiliki oleh material ini antara lain tahan rayap, tidak muai susut, tahan bocor, kedap suara, dan perawatannya minimal. Kusen UPVC dapat digunakan untuk membingkai berbagai desain pintu dan jendela.

Kusen UPVC biasanya dibeli dengan sistem pemesanan di awal. Jadi ukuran kusen tersebut bisa benar-benar disesuaikan dengan dimensi pintu dan jendela yang bakal dibingkainya. Cuma masalahnya kusen UPVC termasuk kusen yang mudah pecah apabila terkena benturan pada permukaannya.

Jenis 4 : Kusen Fiberglass

Kelebihan utama kusen ini yaitu mempunyai berat yang cukup ringan sehingga mudah dalam pemindahan dan pengerjaannya. Biaya instalasinya juga terjangkau. Selain itu, kusen fiberglass memiliki tampilan yang bersih dan segar. Cocok sekali diterapkan pada rumah-rumah yang bergaya modern minimalis serta gedung-gedung perkantoran.

Jenis 5 : Kusen Vinyl

Tren kusen jendela yang sedang booming saat ini ialah kusen yang terbuat dari bahan vinyl. Ini dikarenakan kusen vinyl memiliki kesan yang modern sehingga tampak bagus untuk rumah yang berdesain kekinian. Bahan vinyl pun terkenal ramah terhadap lingkungan serta membutuhkan energi yang efisien. Mirip seperti kusen fiberglass, kusen ini juga gampang dipasang dan awet.

Jenis 6 : Kusen Baja Ringan

Kusen baja ringan merupakan kusen yang sangat direkomendasikan untuk rumah tinggal yang ada di lokasi rawan gempa. Instalasinya yang relatif cepat dengan kebutuhan biaya yang tidak terlalu besar membuat kusen ini layak dipertimbangkan. Desainnya pun bisa dimodifikasi sedemikian rupa agar sesuai dengan desain arsitektur yang hendak dibangun. Kelebihan-kelebihannya antara lain ramah lingkungan, aman, awet, anti air, anti kawat, anti rayap, dan mewah.