Jenis-jenis Kayu yang Cocok untuk Kusen

Apakah jenis-jenis kayu yang cocok untuk kusen? Kusen dikenal sebagai bingkai ukuran besar yang dapat digunakan untuk memasang pintu dan jendela. Kusen menjadi pembatas antara dinding dan pintu/jendela. Kebanyakan kusen terbuat dari kayu, meskipun kini ada pula kusen dari aluminium dan beton. Sifat kayu yang fleksibel membuat kusen kayu ini lebih awet, tahan lama, dan tidak mudah rusak.

Berikut ini jenis-jenis kayu yang paling banyak digunakan sebagai bahan baku pembuatan kusen, di antaranya :

Kayu Jati

Kayu jati merupakan kayu yang paling disukai karena memiliki tekstur dan serat yang indah. Bahkan tidak sedikit orang yang begitu mengidolakannya. Kelebihan kusen yang dibuat menggunakan kayu jati yaitu kekuatannya stabil dan strukturnya kokoh. Kusen kayu jati juga tahan terhadap serangan jamur, rayap, dan lain-lain. Hal ini disebabkan oleh kandungan minyak alami yang terdapat di dalam kayu jati.

Kayu jati memang dibanderol dengan harga yang mahal. Harga tersebut biasanya ditentukan oleh kualitas, ukuran, dan asal-usul kayu jati tersebut. Tampilan serat kayu jati juga turut memberikan pengaruh pada harganya. Ada kayu jati yang memiliki serat berbentuk lurus, melengkung, atau dipenuhi mata. Pola serat ini dipengaruhi kondisi lahan penanaman serta proses pemotongannya.

kayu-untuk-membuat-kusen.jpg

Kayu Merbau

Mirip seperti kayu jati, karakteristik kayu merbau adalah sangat keras dan stabil. Rayap juga tak suka menggerogoti kayu ini lantaran mengandung minyak alami di dalamnya. Hal ini membuat peristiwa pengeroposan pada kayu merbau bisa ditekan. Kelebihan lain yang dimiliki oleh kayu merbau ialah tampilannya yang menarik, terutama warna. Kayu ini berwarna cokelat kemerahan dengan semburat warna kuning.

Pohon merbau umumnya tumbuh subur di hutan hujan tropis. Itu sebabnya, hutan di Indonesia banyak menghasilkan kayu merbau, khususnya di Pulau Kalimantan serta Pulau Papua. Kayu merbau biasanya memiliki permukaan dengan corak berupa garis-garis putus pada serat dan teksturnya. Kayu ini cukup diberi finishing berupa lapisan melamin supaya terlihat lebih indah dan menarik.

Kayu Glugu

Kayu glugu ialah kayu yang berasal dari batang tanaman kelapa. Kayu ini bisa menjadi alternatif untuk membuat kusen yang berkualitas bagus. Namun pohon kelapa yang bisa diambil kayunya harus berusia minimal 60 tahun. Pada umur tersebut, pohon ini sudah tak lagi menghasilkan buah sehingga batangnya lebih keras. Kayu glugu memiliki tampilan yang unik berupa serat bergaris-garis putus yang berwarna tua dan tampak jelas. Semakin gelap warna kayu tersebut, maka usianya semakin tua.

Kayu glugu memiliki keunggulan utama berupa batangnya yang lurus dan tidak punya cabang. Jika digunakan untuk kusen, tampilannya akan bagus sekali dan sangat khas. Kini kayu kelapa yang berasal dari Pulau Sulawesi tersohor sebagai kayu yang memiliki kualitas paling baik. Kayu glugu dari Pulau Sulawesi ini mempunyai ukuran yang lebih besar dengan tekstur yang lebih sempurna. Sedangkan untuk kayu glugu yang berasa dari Pulau Jawa memiliki warna yang kurang terang.

Kayu Meranti

Kayu meranti dikenal pula sebagai kayu dengan kekuatan yang sangat bagus sehingga kerap dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kusen pintu dan jendela. Terdapat tiga jenis kayu meranti antara lain kayu meranti putih, kayu meranti kuning, dan kayu meranti merah. Kayu meranti merah mempunyai mutu yang paling bagus daripada jenis yang lainnya sehingga lebih sering digunakan. Di Indonesia, kayu meranti umumnya berasal dari Pulau Jawa dan Pulau Kalimantan. Daya tahan kayu ini cukup bagus meskipun kalah dengan kayu jati dan kayu merbau.

Kayu meranti merah paling banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan kusen dan rangka atap bangunan. Kayu ini mudah dikenali dari permukaannya yang berwarna merah, mulai dari merah muda, merah pucat, hingga merah tua. Kami sarankan belilah kayu meranti yang berasal dari Pulau Kalimantan sebab kualitasnya jauh lebih bagus dari kayu meranti asal Pulau Jawa. Kayu meranti merah bisa menjadi alternatif kayu bermutu tinggi bagi Anda yang memiliki anggaran terbatas. Tetapi Anda hanya boleh menggunakannya sebagai kusen untuk interior sebab kayu ini tidak tahan terhadap suhu yang terlalu panas atau dingin.