Material
Sep30

Jenis-jenis Kabel Instalasi Listrik untuk Rumah

Coba tebak apa sajakah jenis-jenis kabel instalasi listrik untuk rumah yang biasa digunakan? Seperti kita ketahui, kabel adalah media transmisi listrik yang paling baik. Umumnya kabel yang beredar di pasaran disusun atas kawat tembaga sebagai inti penghantar dan lapisan isolator sebagai pelindungnya.

jenis-jenis-kabel-instalasi-listrik-rumah.jpg

Kabel

Perkembangan di bidang elektronika khususnya melahirkan beranekaragam kabel-kabel yang mempunyai karakteristik khusus. Nah dari sekian banyak jenis kabel tersebut, setidaknya ada 3 macam kabel yang paling sering digunakan dalam pembuatan instalasi listrik di rumah tinggal. Di antaranya yaitu kabel NYA, kabel NYM, dan kabel NYY. Penjelasan lebih lengkap mengenai kabel-kabel tersebut akan kami ulas di bawah ini!

1. Kabel NYA

Kabel NYA merupakan kabel yang umum diaplikasikan dalam pembangunan instalasi listrik di rumah khususnya jaringan di udara. Ciri-ciri kabel ini yaitu memiliki inti tunggal dan dilindungi oleh PVC berwarna merah, kuning, hitam, hijau, atau biru. Harga kabel ini termasuk yang termurah dibandingkan dengan kabel-kabel lainnya karena hanya dibungkus oleh sebuah isolator. Oleh karena itu dalam pemasangannya, kabel NYA harus dimasukkan ke dalam pipa PVC supaya lebih aman. Adapun ukuran kabel yang paling banyak dipilih ialah 1,5 mm2 untuk penerangan dan 2,5 mm2 untuk penghantar daya.

2. Kabel NYM

Kabel NYM umumnya digunakan dalam pembuatan instalasi listrik di rumah, gedung, atau sistem tenaga. Kabel ini mempunyai inti berjumlah dua, tiga, atau empat buah. Lapisan isolatornya pun terdiri atas dua tingkatan dari bahan PVC dan berkelir putih atau kelabu. Maka tak heran harga kabel NYM tergolong agak mahal. Namun karena lapisan isolatornya berkualitas tinggi, bisa dibilang mutu kabel untuk rumah tinggal ini lebih baik ketimbang kabel NYA. Keunggulan lainnya kabel NYM dapat diterapkan di segala tempat baik yang kering maupun basah, tetapi jangan ditanam karena masih mempunyai risiko kerusakan.

3. Kabel NYY

Kabel NYY adalah kabel yang digunakan untuk instalasi listrik dengan metode ditanam di dalam tanah. Jumlah intinya sebanyak dua, tiga, atau empat kabel yang dibungkus oleh isolasi PVC berwarna hitam. Hal ini membuat kabel NYY memiliki sifat cenderung agak kaku. Hebatnya, lapisan PVC yang membungkus kabel NYY mengandung zat-zat tertentu yang tidak disukai oleh tikus dan hewan pengerat lainnya. Itulah kenapa harga kabel ini paling mahal daripada dua jenis kabel sebelumnya. Boleh dikatakan kabel NYY merupakan salah satu kabel instalasi listrik pada rumah yang berkualitas terbaik.