Material
Sep29

Jenis-jenis Gypsum yang Dijual di Pasaran Indonesia

Apakah jenis-jenis gypsum yang dijual di pasaran Indonesia? Kepopuleran gypsum atau eternit kian hari semakin marak. Hal tersebut terbukti dengan terus meningkatnya penggunaan bahan bangunan ini di dalam proyek-proyek konstruksi. Secara singkat, gypsum adalah suatu mineral alami yang didominasi oleh kandungan unsur kalsium dan sulfat. Maka tak heran gypsum memiliki karakteristik pada strukturnya yang kokoh tetapi teksturnya halus.

jenis-jenis-gypsum.jpg

Gypsum

Kelebihan utama dari gypsum adalah rapi, awet, tahan api, dan kekuatannya kokoh. Papan gypsum biasanya digunakan dalam pembuatan dinding dan langit-langit bangunan. Variasi jenis, ukuran, dan model gypsum memudahkan pengguna dalam memilih mana yang paling tepat. Di samping itu, gypsum juga mempunyai sifat elastis sehingga gampang diaplikasikan pada setiap konsep desain yang dikehendaki.

Berdasarkan bentuknya, gypsum dapat dibedakan menjadi tiga jenis antara lain :

1. Gypsum Selenite

Gypsum selenite merupakan gypsum yang berbentuk pipih. Beberapa gypsum selenite juga ada yang dilengkapi kristal ganda dan kembar. Kekhasan dari gypsum ini ialah memiliki serabut yang lembut dan butiran yang halus.

2. Gypsum Alabaster

Gypsum alabaster adalah gypsum yang memiliki jaring-jaring serat yang sangat halus. Warna gypsum ini juga putih merata sehingga terkesan bersih. Itulah kenapa gypsum alabaster paling banyak digunakan untuk membuat ornamen-ornamen hias yang menarik.

3. Gypsum Dessert

Gypsum yang berbentuk mirip sekali dengan kembang mekar disebut gypsum dessert. Pada dasarnya gypsum ini memiliki sifat seperti pasir yakni berbentuk butiran dan bertekstur kasar. Umumnya, gypsum dessert bisa ditemukan dengan mudah di daerah-daerah yang berpasir dan cenderung gersang.

Sementara itu, menurut tujuan penggunaannya, maka jenis-jenis gypsum di antaranya :

1. Gypsum Reguler

Gypsum reguler merupakan sebutan untuk gypsum yang dibungkus di dalam kertas. Gypsum ini biasanya digunakan sebagai penutup langit-langit ruangan, di mana bisa dicat dan dipelitur. Cara memasang gypsum ini tergolong sederhana, gypsum direkatkan menggunakan lem, paku, atau sekrup.

2. Gypsum Tahan Air

Gypsum yang bisa dipakai untuk ubin yaitu gypsum berjenis tahan air. Adapun zat pelapis yang berfungsi sebagai waterproof seringkali berupa lilin atau silikon. Gypsum ini juga dapat diterapkan di dinding partisi dan tidak cocok diaplikasikan menjadi plafon langit-langit. Gypsum tahan air seringkali dipasang di ruangan-ruangan yang memiliki tingkat kelembaban tinggi seperti dapur, kamar mandi, dan toilet.

3. Gypsum Tahan Api

Walaupun pada dasarnya gypsum mempunyai ketahanan yang tinggi terhadap api, namun berkat metode tertentu maka terciptalah gypsum yang benar-benar anti api. Gypsum ini diperkuat oleh serat kaca yang dibenamkan pada saat proses pembuatan gypsum. Paling sesuai gypsum berjenis tahan api ini diterapkan di sekitar tungku perapian, dinding dapur, tungku memasak, dan tembok bagian outdoor.

4. Gypsum Peredam Suara

Sesuai namanya, fungsi utama gypsum ini ditujukan untuk peredam suara. Jadi suara-suara dari luar ruangan tidak bisa terdengar di dalam ruangan, begitupun sebaliknya. Selain itu, gypsum peredam suara juga merupakan alat yang paling efektif untuk mengatasi gema dan gaung. Gypsum ini terdiri atas dua panel gypsum yang digabungkan memakai polymer. Hindari menempatkan gypsum ini di daerah-daerah yang bersuhu ekstrim karena rentan mengalami kerusakan.