Material
Dec25

Inilah Kelebihan dan Kekurangan Atap Spandek

Atap spandek adalah atap yang terbuat dari alumunium dan seng. Beberapa produsen juga acapkali menambahkan silikon untuk meningkatkan kelenturan dari atap tersebut. Adapun perbandingan komposisi yang umum dipakai untuk membentuk atap spandek misalnya alumunium 55 persen, seng 43 persen, dan silikon 2 persen.

Campuran dari ketiga bahan di atas dapat menghasilkan suatu jenis atap rumah yang gampang dibentuk, kokoh, dan awet. Di samping itu, bagian permukaan atap spandek juga sengaja dibuat sedemikian rupa agar mudah ditempeli cat sehingga proses pengecatannya dapat berlangsung secara efektif dan efisien. Hal inilah yang menjadikan atap spandek cocok digunakan untuk berbagai kebutuhan manufaktur dan bangunan.

kelebihan-kekurangan-atap-spandek.jpg

Atap spandek biasanya diaplikasikan sebagai penutup atap pabrik, gudang, ruko, mall, dan lain-lain. Ukuran ketebalan atap yang tersedia di pasaran berkisar antara 0.3, 0.35, 0.4, 0.45, dan 0.5 mm. Sedangkan ukuran lebar bentangannya pun sangat bervariasi. Begitu pula dengan pilihan warnanya yang juga beragam mulai dari hitam, putih, abu-abu, biru, merah, hijau, cokelat, kuning, jingga, dan ungu.

Soal daya tahannya, atap spandek sering diklaim sebagai salah satu material yang paling awet. Rata-rata kekuatan atap ini sanggup bertahan hingga lebih dari 20 tahun. Perpaduan antara seng dan alumunium juga membuat atap spandek memiliki sifat yang antikarat.

Tetapi di sisi lain, daya serapnya terhadap sinar matahari juga relatif tinggi. Area yang ditutupinya pun akan terasa lebih gerah sehingga kurang pas bila diaplikasikan pada hunian rumah tinggal. Hal ini terjadi mengingat bahan dasar pembentuk atap spandek yang notabene logam merupakan konduktor yang baik.

Ukuran tingkat ketebalannya yang cukup tipis juga sering menimbulkan risiko lain. Contohnya jika tidak sengaja terinjak, maka atap spandek ini gampang melengkung. Sehingga mau tidak mau Anda wajib mengerjakan proses pemasangan atap spandek dengan sangat hati-hati.