Material
Aug2

Inilah Cara Memasang Lantai Bambu

Bagaimana cara memasang lantai bambu supaya lantai tersebut awet dan tahan lama? Lantai bambu merupakan material lantai yang ramah lingkungan karena ketersediaan bahan bakunya di alam masih melimpah. Lantai ini memiliki beberapa keunggulan terutama pada tampilan naturalnya, harganya lebih murah, memiliki tekstur yang tidak terlalu licin, dan lebih tahan terhadap serangan rayap.

Berdasarkan teknik pembuatannya, terdapat empat macam lantai bambu yang dijual di pasaran yaitu lantai bambu khusus bangunan, lantai bambu horizontal, lantai bambu vertikal, dan lantai bambu anyaman. Lantai bambu biasanya hadir dengan warna kuning tua, cokelat gelap, serta motif bambu. Ukurannya berkisar antara 100 x 12.6 x 1.7 cm, 96 x 9.6 x 1.4 cm, atau sesuai permintaan pembeli.

cara-memasang-lantai-bambu.jpg

Adapun langkah-langkah pemasangan lantai bambu adalah sebagai berikut :

  1. Tentukan terlebih dahulu arah pemasangan yang Anda kehendaki. Apakah ingin memasangnya dengan pola searah panjang ruangan atau saling menyilang?
  2. Pasanglah busa, foam, atau tripleks sebagai landasan lantai bambu. Alas ini dipasang di atas acian lantai semen dengan cara dipaku memakai martil.
  3. Agar hasilnya bagus, sebelum Anda memasangnya, susunlah terlebih dahulu ubin-ubin lantai bambu tersebut sebanyak 2-3 barisan.
  4. Letakkan ubin lantai bambu yang berukuran lebih pendek di dekat dinding untuk meminimalkan Berikan jarak sekitar 5 mm di sepanjang dinding sebagai ruang memuai sehingga lantai tidak mengalami lendutan.
  5. Apabila ruangan yang akan dipasangi lantai kayu mempunyai lebar lebih dari 4 m, maka berilah jarak sekitar 1 mm setiap 4 baris ubin.
  6. Setelah ubin terpasang pada posisinya dengan benar, jangan lupa untuk mengetuk menggunakan palu karet guna memastikan sambungan antara lantainya sudah terikat cukup kuat.
  7. Terakhir, Anda bisa memasang lis/skirting bambu di sekeliling dinding ruangan. Ingat ya, lis ini dipaku ke arah dinding, bukan ke arah lantai bambu.

Selamat mencoba!