Material
Sep25

Hal yang Harus Diperhatikan dalam Pemasangan Lantai Kaca

Apakah hal-hal yang harus diperhatikan dalam pemasangan lantai kaca? Para arsitek dan desainer interior memang tidak pernah kehabisan ide dalam berinovasi mendekorasi suatu bangunan. Salah satu ide menarik yang kini sedang tren khususnya di Indonesia yakni mengaplikasikan kaca sebagai lantai. Jika anda ingin tampilan rumah yang unik dengan sentuhan berbeda, ide menggunakan lantai yang terbuat dari kaca ini patut dicoba.

gambar-lantai-kaca.jpg

Lantai Kaca

Anda bisa memanfaatkan lantai kaca untuk mempercantik pesona desain rumah. Pemasangan lantai kaca pada suatu ruangan juga akan menciptakan kesan yang artistik, eksotis, dan dramatis. Sifat kaca yang transparan sanggup pula meneruskan cahaya dengan baik sehingga interior terlihat lebih terang.

Sebelum anda memasang lantai kaca, pelajari terlebih dahulu hal-hal yang harus diperhatikan berikut ini!

1. Percayakan Pada Jasa Profesional

Pada dasarnya, tingkat kesulitan memasang lantai kaca ini tergolong tinggi. Tidak hanya proses instalasinya saja, diperlukan juga ketelitian, kecermatan, dan ketepatan dalam pemilihan material lantai kaca. Jika sampai keliru, tentu keberadaan lantai tersebut sudah tidak aman lagi. Oleh karena itu, wajib hukumnya bagi anda untuk mempercayakan kepada penyedia jasa pemasangan lantai kaca yang profesional.

2. Pilih Jenis Kaca yang Tepat

Perlu dicamkan bahwa kaca yang dipakai untuk lantai berbeda dengan kaca dinding dan kaca atap. Setidaknya ada dua jenis kaca untuk lantai yang populer yaitu laminated glasses dan glass block. Laminated glasses ialah lantai kaca yang dibungkus oleh semacam perekat di atas dan bawahnya. Sehingga ketika lantai pecah, maka potongan kaca tetap berada di dalam pembungkusnya dan aman. Sedangkan glass block merupakan lantai yang memiliki permukaan berpasir berkat sandblasted finnish sehingga tidak terlalu licin dan tidak silau.

3. Pakai Kaca yang Benar-benar Kokoh

Posisi lantai yang berada di bawah dan menjadi tumpuan benda-benda di atasnya mengharuskan lantai dapat menahan beban dengan baik. Perlu diketahui, pemasangan lantai tidak dilakukan di atas pelat yang berstruktur kokoh dan bersifat masih. Jadi pertimbangannya adalah lantai yang dipakai wajib mempunyai tingkat kekuatan yang tinggi. Anda bisa memastikan daya tahan lantai tersebut dengan menggunakan kaca yang memiliki ketebalan minimal 10 cm dan disesuaikan dengan luas bidang yang akan dibuat.

Penerapan lantai kaca biasanya diaplikasikan pada lantai dua, lantai tiga, dan seterusnya. Hal ini dimaksudkan untuk menyatukan ruangan di lantai atas dengan ruangan di lantai bawahnya melalui partisi yang transparan. Itu sebabnya pemasangan lantai kaca hanya boleh dilakukan di ruangan-ruangan yang bersifat publik seperti balkon, ruang tamu, ruang keluarga, dan dapur. Malahan yang tengah digandrungi saat ini yakni mengaplikasikan lantai kaca di atas kolam ikan.