Material
Jan18

Faktor-faktor Penyebab Plafon Gypsum Rubuh

Apakah faktor-faktor yang dapat menyebabkan plafon gypsum rubuh? Untuk menciptakan suasana interior rumah yang rapi, salah satu caranya ialah memasang plafon atau langit-langit. Ini merupakan bagian dari konstruksi bangunan yang berfungsi sebagai penutup atap sebelah bawah. Jadi ketika seseorang berada di dalam bangunan dan mendongakkan kepalanya ke atas, dia tidak akan melihat atap dan rangkanya. Dia akan melihat plafon yang terbentang rapi.

Kami merekomendasikan penggunaan plafon yang terbuat dari bahan gypsum. Jika dibandingkan dengan material pembentuk plafon lainnya, material yang satu ini memiliki banyak kelebihan. Di antaranya yaitu gypsum merupakan bahan bangunan yang aman bagi kesehatan serta tidak memicu timbulnya suatu penyakit. Gypsum mempunyai kekuatan yang sangat baik, mudah dipasang, gampang diperbaiki, indah, dan bebas dari gangguan rayap.

penyebab-plafon-gypsum-rubuh.jpg

Jika saat ini Anda sedang berniat memasang plafon di rumah, maka pertimbangkanlah untuk menggunakan gypsum. Pilihlah tukang bangunan yang profesional untuk membantu Anda memasangkan gypsum tersebut di bagian langit-langit bangunan. Ingat ya, plafon gypsum harus dipasang dengan benar sesuai petunjuk yang pernah kami beri tahukan sebelumnya. Pemasangan gypsum secara asal-asalan dapat mengakibatkan plafon tiba-tiba rubuh.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan kenapa plafon gypsum bisa tiba-tiba rubuh. Apa sajakah itu?

Faktor 1. Pemasangan yang Kurang Sempurna

Gypsum paling tepat dipasang sebagai plafon apabila rumah Anda menggunakan atap yang terbuat dari plat beton. Dengan demikian ada jaminan tersendiri bahwa rumah Anda tidak mungkin mengalami kebocoran sehingga gypsum tetap aman. Nantinya gypsum tersebut bisa dipasang menggunakan sekrup atau compound khusus sebagai penahannya. Kesalahan yang paling banyak terjadi ialah penyambungan gypsum yang tidak tepat sehingga sambungannya tidak terpasang sempurna dan rawan rubuh.

Faktor 2. Terlalu Sering Terkena Air

Gypsum memiliki daya tahan yang tidak terlalu baik terhadap air yang mengenainya. Kondisi atap yang bocor akan mengakibatkan plafon gypsum di rumah Anda sering terkena air. Pada awalnya, plafon tersebut mungkin hanya terlihat basah saja. Namun jika Anda terus membiarkan kebocoran ini terjadi, plafon gypsum akan menjadi retak secara perlahan-lahan. Bahkan tidak menutup kemungkinan struktur plafon yang sudah basah kuyup tersebut bakal hancur sendiri sebab kondisinya sudah rapuh.

Faktor 3. Benturan yang Sangat Kuat

Meskipun di atas kami mengatakan kalau gypsum itu kuat, tetapi kekuatannya tidak mungkin sekuat besi atau baja. Plafon gypsum ini bisa rubuh seketika apabila mendapatkan benturan yang sangat keras. Kasus tersebut biasanya terjadi akibat dari ulah binatang liar seperti tikus dan kucing yang berkelahi di atas plafon. Atau bisa pula sapu yang Anda gunakan untuk membersihkan langit-langit tidak sengaja menghantam plafon gypsum. Anda juga wajib melarang anak-anak bermain bola di dalam rumah supaya tidak mengenai plafon.

Faktor 4. Penyangganya Tidak Kokoh

Plafon membutuhkan semacam rangka sebagai tempatnya menempel. Anda harus membuat penyangga ini terlebih dahulu dan memastikannya cukup kuat menahan beban yang timbul dari gypsum. Berat yang dimiliki oleh gypsum sendiri cukup besar mengingat susunan partikel-partikelnya yang rapat. Apabila penyangga yang digunakan tidak terlalu kokoh, maka penyangga tersebut bisa rubuh sewaktu-waktu karena tidak kuat memikul beban yang diberikan kepadanya.

Faktor 5. Dipasang di Ruangan yang Salah

Tidak semua ruangan bisa menggunakan plafon yang terbuat dari gypsum. Ruangan yang kondisinya selalu lembab seperti kamar mandi, tempat mencuci pakaian, dan toilet tidak boleh dipasangi plafon gypsum. Kenapa? Sebab gypsum tidak tahan air. Udara yang lembab lama-kelamaan akan melemahkan struktur yang dimiliki oleh plafon gypsum. Ketika kondisi plafon sudah cukup rapuh, tinggal menunggu waktu saja plafon tadi akan rubuh. Anda boleh memasang plafon gypsum di tempat yang lembab asalkan melapisi kedua permukaannya dengan cat waterproof terlebih dahulu.