Material
Dec3

Eits, Ini Kelebihan-kelebihan Kanopi Baja Ringan!

Penasaran apakah kelebihan-kelebihan dari kanopi baja ringan? Kanopi biasanya dipasang dengan menutupi teras, menempel jendela, atau menyambung carport. Adanya kanopi di rumah berfungsi sebagai proteksi terhadap sinar matahari dan air hujan. Terdapat banyak sekali bahan bangunan yang dapat digunakan untuk membuat kanopi, salah satunya adalah baja ringan.

kanopi-baja-ringan.jpg

Di tahun 2015, penggunaan baja ringan sebagai bahan pembuatan kanopi meningkat tajam. Tidak sedikit para pemilik rumah yang mengaku tertarik dengan material ini lantaran kualitas dan daya tahannya yang sudah terkenal bagus. Kanopi berbahan baja ringan juga memiliki pilihan desain yang sangat banyak mulai dari yang bergaya modern, minimalis, elegan, mewah, sampai dengan klasik pun ada.

Memang tak salah pilihan Anda sebab kanopi baja ringan mempunyai keunggulan-keunggulan sebagai berikut ini :

1. Harganya Tergolong Murah

Untuk mengetahui murah tidaknya harga suatu material, kita tidak boleh hanya berpatokan pada nominalnya saja. Melainkan juga harus mempertimbangkan tingkat keawetan dan mutu yang dimiliki material tersebut. Mengingat kanopi baja ringan mampu bertahan hingga puluhan tahun tanpa mengalami kerusakan yang serius, jadi bisa dikatakan bahwa harga material ini tergolong murah.

2. Bersifat Antikarat

Berbeda dengan besi dan baja yang bisa mengalami korosi, baja ringan bersifat antikarat. Hal ini dikarenakan baja ringan sudah dilapisi dengan suatu bahan yang melindunginya dari proses oksidasi. Dengan kata lain, Anda tidak perlu ragu lagi menggunakan baja ringan sebagai struktur di ruangan yang terbuka.

3. Bobotnya Lebih Ringan

Sesuai sebutannya, baja ringan adalah baja yang memiliki berat lebih ringan. Walapun kekuatannya sekokoh baja, tetapi bobot material ini jauh lebih sedikit. Dengan beban yang kecil tersebut, Anda cukup membutuhkan konstruksi penopang yang sederhana. Sehingga biaya pembangunannya pun dapat ditekan sehemat mungkin.

4. Instalasinya Gampang dan Cepat

Pada umumnya, kanopi baja ringan dibuat dengan sistem fabrikasi. Artinya kanopi tersebut sudah dirancang sedemikian rupa supaya instalasinya lebih mudah. Biasanya pemasangan kanopi ini cukup dirangkai sesuai dengan model yang telah dipilih. Hal ini juga dapat mempercepat proses pemasangan kanopi.

5. Tahan Terhadap Api dan Gempa

Salah satu keunggulan baja ringan yang sangat terkenal yaitu tahan terhadap api. Material sangat susah terbakar bahkan dengan nyala api yang besar sekalipun. Selain itu, konstruksi kanopi dari baja ringan juga umumnya sudah dirancang agar kuat terhadap guncangan akibat gempa. Kalaupun kanopi sampai roboh, material ini tidak terlalu berbahaya karena mempunyai beban yang ringan tadi.

6. Ramah Pada Lingkungan

Tahukah Anda, kebanyakan baja ringan terbuat dari sampah logam yang didaur ulang. Dengan menerapkan perlakuan dan pengolahan tertentu, terciptalah suatu bahan bangunan yang kokoh dan ringan. Itulah kenapa baja ringan sering disebut-sebut sebagai material masa depan. Bahkan serpihan-serpihan baja ringan yang sudah usang pun masih bisa diproses menjadi material yang baru.

7. Mutu Material yang Konsisten

Kanopi baja ringan diklaim mempunyai mutu material yang lebih konsisten. Hal ini dikarenakan seluruh baja ringan yang dijual di pasaran sudah melalui proses ujicoba kelayakan dan sertifikasi SNI (Standar Nasional Indonesia). Jadi, penggunaan baja ringan mempermudah anda mendapatkan material bahan bangunan yang mempunyai kualitas terbaik.

8. Bersifat Antirayap

Kelebihan selanjutnya dari baja ringan adalah bersifat antirayap. Di samping karena baja ringan tidak mengandung zat-zat yang disukai rayap, rayap mana yang mau memakan material berstruktur kokoh ini? Sudah pasti, tidak mungkin kanopi baja ringan digerogoti rayap sehingga tingkat keawetannya lebih terjaga lama.