Material
Apr16

Ciri-ciri Kayu Kelapa yang Berkualitas Bagus

Bagaimana ciri-ciri kayu kelapa yang berkualitas bagus? Proses pembuatan bangunan sering memakai kayu kelapa sebagai bahan bakunya. Kayu ini biasa digunakan untuk membangun kuda-kuda dan tiang penahan. Alasan dipilihnya kayu kelapa ialah kekuatannya sangat baik tetapi harganya tidak terlalu mahal. Bahkan kayu kelapa yang telah diawetkan mempunyai tingkat kekuatan yang sangat tinggi dan kokoh sekali hingga menyerupai kayu jati.

Namun tentu saja tidak semua kayu kelapa memiliki kualitas yang baik seperti itu. Faktanya terdapat beberapa jenis kayu kelapa yang dijual di pasaran yang dikelompokkan berdasarkan kualitasnya. Ada kayu yang mempunyai kualitas sangat baik, namun tidak sedikit pula kayu kelapa yang kualitasnya di bawah rata-rata. Penjual yang jujur seharusnya akan memberi keterangan yang benar dan jelas mengenai spesifikasi kayu yang dijualnya.

ciri-ciri-kayu-kelapa.jpg

Tetapi masih banyak loh oknum penjual kayu yang nakal di Indonesia. Mereka berbuat curang dengan memanfaatkan ketidaktahuan calon pembeli kayunya. Mereka memberikan informasi palsu tentang kualitas kayu yang dijualnya agar mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Sebagai orang awam, maklum Anda bisa tertipu apabila tidak membekali diri sebelumnya. Jadi sebaiknya Anda mencari tahu ciri-ciri kayu kelapa yang bagus terlebih dahulu.

Adapun ciri-ciri kayu kelapa yang kualitasnya bagus antara lain :

Kayu Mempunyai Warna Merah Kehitaman

Kayu yang umurnya sudah cukup tua tentu mempunyai kualitas yang lebih baik daripada kayu muda. Kayu kelapa pada dasarnya memiliki warna merah kecokelatan. Semakin tua usia kayu tersebut, maka warna penampang kayunya akan semakin gelap. Sebaiknya Anda membeli kayu kelapa yang umurnya sudah tua sehingga memiliki struktur yang kuat dan kokoh. Kayu ini bisa dikenali lewat warnanya yang tampak merah kecokelatan gelap hingga merah kehitam-hitaman. Hindari membeli kayu kelapa yang masih muda yang warnanya cokelat terang, cokelat kekuningan, atau cokelat keputih-putihan.

Kayu Memiliki Permukaan yang Kasar

Berbeda dengan kayu pinus yang memiliki tekstur permukaan yang halus, kayu kelapa justru mempunyai permukaan yang teksturnya kasar. Kayu kelapa ini sejatinya mempunyai serat yang berukuran cukup besar. Serat inilah yang menyebabkan tekstur permukaannya terasa kasar. Semakin tua usia kayu kelapa tersebut, maka serat yang dimilikinya pun akan semakin berukuran besar. Kayu kelapa yang mempunyai serat yang terasa kasar ini pasti sangat kuat, tahan dari serangan rayap, ukurannya stabil, serta tidak mudah melengkung.

Kayu yang Letaknya di Tengah

Ini dia yang juga mesti Anda perhatikan dengan seksama tentang pemilihan kayu kelapa yang bagus berdasarkan letak potongannya. Usahakan belilah kayu yang diambil dari bagian tengah-tengah batang pohon kelapa. Kayu yang letaknya berada di posisi tengah ini mempunyai mutu yang jauh lebih baik daripada kayu yang berada di bagian pinggir batang. Di samping lebih kuat dan lebih kokoh, potongan kayu ini pun lurus dan rapi. Hal tersebut berbeda jika dibandingkan kayu kelapa yang diambil dari bagian pinggir batang, di mana kayu ini memiliki struktur yang sangat kasar, tidak rapi, lebih lunak, dan sering ada kulitnya.

Kayu yang Terdengar Padat Berisi

Tong kosong berbunyi nyaring. Peribahasa ini ternyata bisa juga diaplikasikan untuk menilai kualitas dari sebuah kayu kelapa. Kayu yang mengeluarkan bunyi nyaring pada saat diketuk menandakan kalau kualitasnya tidak terlalu bagus. Sedangkan kayu yang terdengar padat bila diketuk-ketuk artinya kayu tadi tersusun oleh materi yang lebih banyak dan rapat sehingga kekuatannya pun lebih baik. Cobalah memukul-mukul seluruh bagian kayu mulai dari ujung yang satu ke ujung kayu lainnya. Kayu kelapa yang bagus seharusnya akan mengeluarkan bunyi seperti suara besi yang dipukul. Jangan pilih kayu yang kopong dan nyaring bunyinya.

Kayu Tahan Terhadap Tekanan

Anda juga bisa mencoba menusuk penampang kayu yang hendak dibeli untuk memeriksa mutu yang dimilikinya. Di sini Anda bisa memakai paku, besi, kunci kontak, atau benda-benda lain yang cukup kokoh. Tusuklah beberapa titik dari kayu tersebut secara acak untuk mengetahui kualitasnya secara keseluruhan. Apabila permukaan kayu tadi mudah penyok akibat tusukan paku, maka kualitas kayu kelapa tersebut tidak terlalu bagus. Di sisi lain kayu kelapa dengan kualitas yang tinggi tergores, penyok, atau dilukai hanya dengan menggunakan paku.