Ciri-ciri Genteng Tanah Liat yang Bagus

Tidak dipungkiri kalau mayoritas masyarakat Indonesia banyak yang menggunakan genteng tanah liat sebagai material pembentuk atap rumahnya. Genteng ini memang yang dinilai paling sesuai dengan kondisi iklim di Indonesia. Karena terletak di garis khatulistiwa, Indonesia mempunyai iklim tropis. Secara praktis, keadaan cuaca di Indonesia pun cenderung panas. Nah, genteng tanah liat ini bisa meredam panas tersebut dengan baik.

Sebagai pembeli sudah sepatutnya Anda menginginkan genteng tanah liat yang mempunyai kualitas paling bagus. Tetapi di pasaran ada banyak sekali jenis-jenis genteng tanah liat yang tersedia dengan kualitas yang berbeda-beda. Sayangnya Anda tidak bisa menilai kualitas dari genteng tersebut hanya berdasarkan faktor harganya saja. Masih banyak faktor-faktor lain yang juga sangat menentukan kualitas genteng tanah liat.

ciri-genteng-yang-bagus.jpg

Hal inilah yang membuat proses pemilihan genteng tanah liat itu sebenarnya cukup sulit untuk dilakukan. Terdapat berbagai faktor yang perlu diperhatikan untuk menilai mutu suatu genteng tanah liat. Kalau Anda punya kenalan yang berkecimpung di dunia arsitektur dan bangunan, kami sarankan bertanyalah kepadanya. Mintalah saran di mana tempatnya membeli genteng tanah liat yang bagus sehingga Anda bisa gampang mendapatkannya.

Tetapi jika Anda tidak mempunyai kenalan yang akrab dengan dunia arsitektur bangunan sama sekali, silakan perhatikan ciri-ciri genteng tanah liat tersebut. Berikut ini ciri-ciri genteng tanah liat yang kualitasnya bagus!

  1. Mempunyai Bentuk yang Presisi

Genteng tanah liat yang bagus mempunyai bentuk yang benar-benar presisi. Maksud dari presisi di sini adalah bentuknya sama seperti cetakannya. Tidak ada bagian yang melengkung atau berbeda dari bentuk cetakannya.

  1. Memiliki Ukuran yang Seragam

Genteng tanah liat yang bagus juga memiliki ukuran yang seragam antara satu genteng dengan genteng lainnya. Ukuran panjang dan lebar genteng tersebut sama besar. Tak ada genteng yang ukuran bentangannya berbeda.

  1. Terbuat dari Tanah yang Murni

Ciri-ciri genteng tanah liat yang bagus selanjutnya yaitu terbuat dari bahan tanah liat yang murni. Tidak ada campuran bahan lain yang ditambahkan pada adonan pembuat genteng tersebut karena bisa merusak sifat dan karakteristik aslinya.

  1. Strukturnya Kuat dan Kokoh

Sudah sepatutnya genteng tanah liat yang bagus memiliki struktur yang kuat dan kokoh. Sebab karakteristik ini berpengaruh besar terhadap daya tahan genteng tersebut sehingga bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  1. Mengeluarkan Suara yang Nyaring

Tanda suatu genteng tanah liat bagus atau tidak bisa diketahui dari suaranya yang muncul ketika diketuk. Genteng tanah liat yang berkualitas tinggi akan mengeluarkan suara yang nyaring, padat, tidak berdentam, dan menyerupai besi.

  1. Memiliki Permukaan yang Rata

Salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh genteng tanah liat yang bagus selanjutnya dari penampilan permukaannya. Genteng tersebut seharusnya mempunyai permukaan yang rata, tidak bergelombang, dan tidak berlubang-lubang.

  1. Mempunyai Permukaan Halus

Syarat terakhir yang wajib dimiliki oleh genteng tanah liat yang bagus yaitu permukaan genteng tersebut mempunyai tekstur yang halus. Hal ini menandakan kalau ukuran pori-porinya tidak terlalu besar sehingga aman dari risiko rembes.