Ciri-ciri Batu Koral dan Karakteristiknya

Apakah ciri-ciri dari batu koral? Batu koral adalah batu alam yang mempunyai wujud berupa koral/kerikil dengan ukuran dan warna yang beraneka ragam. Oleh sebab itu, batu ini biasa digunakan untuk memperindah desain suatu rumah tinggal, terutama untuk memberikan nuansa alami. Setelah dilakukan proses penyikatan sedemikian rupa, pesona dari batu ini akan semakin keluar. Batu koral bisa dipasang dengan menghamparkannya di atas permukaan tanah begitu saja atau ditanamkan dalam lantai beton supaya posisinya menetap.

Kelebihan utama yang dimiliki oleh batu koral yaitu pesonanya yang sangat indah, menarik, dan memiliki variasi pilihan warna. Bahkan berdasarkan warna dan corak yang terdapat di permukaannya, jenis dari batu koral ini ada banyak sekali. Di antaranya yaitu batu koral hitam bali, batu koral merah hati, batu koral putih, batu koral krem, batu koral hitam sumbawa, batu koral hijau flores, batu koral merah marun, batu koral putih kupang, batu koral telur puyuh, batu koral putih italia, dan lain-lain. Sayangnya batu ini tidak luput dari kekurangan yakni permukaannya yang mudah kotor serta strukturnya tidak mampu menahan beban yang terlalu berat.

ciri-ciri-batu-koral.jpg

Batu koral biasanya berbentuk bulat lonjong dan permukaannya cukup halus. Batu ini bisa Anda temukan dengan mudah di sepanjang daerah aliran sungai. Mencari batu koral sendiri tentunya gratis asalkan Anda tidak menambangnya untuk keperluan bisnis. Tapi kalau tidak mau repot, Anda bisa membeli batu koral di toko bangunan terdekat. Batu ini umumnya dibanderol di kisaran harga antara Rp25 ribu sampai Rp50 ribu per sak tergantung dari jenis dan ukurannya. Beberapa pilihan ukuran batu koral meliputi 1-2 cm, 2-3 cm, 3-5 cm, dan 5-7 cm.

Penggunaan batu koral sering diaplikasikan untuk lantai, pagar, kolam, dan taman. Batu ini khususnya lebih banyak dimanfaatkan pada aspek fungsinya sebagai penghias. Beberapa orang ada pula yang mencoba menempelkan batu koral di dinding untuk memberikan warna dengan corak yang unik. Namun karena proses pemasangannya yang sukar dan membutuhkan keterampilan yang tinggi, pengerjaannya harus dilakukan oleh seorang tukang yang benar-benar profesional agar bisa memberikan hasil yang memuaskan dan sesuai dengan perencanaan.

Berbicara tentang cara pemasangan batu koral, terdapat beberapa teknik/metode yang bisa dikerjakan untuk menciptakan nuansa yang berbeda-beda. Adapun pola pemasangan batu koral yang dimaksud antara lain acak, mosaik, membentuk gambar tertentu, atau menonjol dengan menanamkan setengah bagiannya ke adukan beton. Anda harus menyesuaikan antara pola pemasangan yang diaplikasikan dengan nuansa dari batu koral yang ingin ditampilkan. Setelah terpasang dengan baik dan benar, lakukan perawatan terhadap batu koral tersebut dengan menyiramnya memakai air dan menyikat seluruh permukaannya secara rutin.