Material
Feb3

Cara Menggunakan Gergaji Chainsaw dengan Tepat

Butuh panduan untuk menggunakan gergaji chainsaw? Gergaji rantai (chainsaw) biasanya digunakan untuk membuat takik rebah serta takik balas. Gergaji ini memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan dengan gergaji tangan, terutama dalam kegiatan pemotongan bagian-bagian kayu. Contohnya seperti penebangan pohon, pembagian batang, dan pembersihan cabang. Meskipun relatif mudah digunakan tetapi pemakaian gergaji tangan memiliki banyak kendala yang sering terjadi di lapangan.

Tahukah Anda, gergaji chainsaw terdiri dari tiga bagian utama antara lain mesin penggerak, bilah pemandu, dan rantai gergaji. Gergaji buatan Eropa lebih banyak digunakan oleh orang Asia karena bentuk dan ukurannya sesuai. Sedangkan gergaji buatan Amerika memiliki ukuran yang lebih besar sehingga bobotnya pun terasa berat. Kini gergaji chainsaw biasanya terbuat dari material yang cukup ringan, kekuatan mesinnya sekitar 10-12 hp, dan panjang bilah pemandunya berkisar 24-30 inci.

cara-menggunakan-gergaji-chainsaw.jpg

Gergaji chainsaw yang baik mempunyai mata rantai yang tipis sehingga mampu menghasilkan pemotongan yang maksimal dengan gaya gesek yang kecil. Bobot gergaji tersebut pun harus ideal dan tidak terlalu berat sehingga tidak banyak menguras tenaga pekerja yang menggunakannya. Semakin menuju ke bagian ujung, kondisi mata rantainya dibuat semakin tajam. Dengan demikian, gergaji chainsaw tersebut dapat memotong kayu lebih mudah.

Sebelum Anda menggunakan gergaji chainsaw, ada hal-hal yang harus diperhatikan terlebih dahulu antara lain :

Memasang Keping Rantai dan Rantai

Anda bisa memasang keping rantai beserta rantai gergaji chainsaw terlebih dahulu. Caranya yakni bukalah tutup pelindung roda rantai dengan melepas mur dan baut yang terpasang. Setelah itu, pasanglah rantai di alur keping rantai yang disesuaikan dengan mata gigi gear. Bagian ini terdapat di bagian atas keping rantai yang mengarah ke ujung.

Mengisi Bahan Bakar

Gergaji chainsaw mempergunakan mesin sebagai tenaga utamanya. Agar dapat bekerja, mesin tersebut membutuhkan bahan bakar. Gergaji chainsaw menggunakan bahan bakar berupa campuran pelumas SAE-30 dengan bensin. Perbandingan yang dipakai selama 40 jam pertama ialah 1 bagian pelumas dicampur 20 bagian bensin. Setelah bahan bakar dimasukkan ke tangki, gergaji diguncang-guncangkan supaya bahan bakar di dalamnya tercampur rata.

Mengisi Oli Pelumas Rantai

Pelumas berfungsi untuk memperlancar perputaran rantai dan meminimalisir terjadinya gesekan. Rantai akan terawat dan tidak cepat rusak apabila senantiasa diberikan pelumas. Wajib hukumnya memberikan melumasi rantai gergaji chainsaw menggunakan oli khusus. Pelumas yang Anda gunakan harus memiliki nilai SAE sebesar 30. Hindari memakai pelumas bekas pakai.

Menyalakan dan Memadamkan Mesin

Cara menyalakan mesin gergaji chainsaw adalah tarik tali starternya secara perlahan-lahan sebanyak 3-5 kali supaya udara bisa masuk dan tercampur dengan bahan bakar. Kemudian tarik tali starter tersebut sekali lagi, namun kali ini dengan tarikan yang cukup kuat agar mesin bisa menyala. Sedangkan untuk mematikan mesin gergaji chainsaw, Anda tinggal menekan tombol off.

Dan berikut ini merupakan panduan singkat untuk menggunakan gergaji chainsaw :

  1. Cek terlebih dahulu gergaji chainsaw Anda untuk memastikan kondisinya baik dan layak digunakan.
  2. Kemudian periksa kondisi bagian rantainya. Cek apakah rantainya sudah terpasang pada posisi yang benar atau belum.
  3. Setelah itu, lanjutkan pemeriksaan dengan melihat tangki bahan bakar. Pastikan bahan bakarnya cukup memadai.
  4. Pegang gergaji chainsaw dengan memosisikan tangan kiri pada handle bagian atas sehingga Anda bisa mengarahkannya ke kanan dan kiri.
  5. Sedangkan pegangan tangan kanan bisa Anda gunakan untuk mengarahkan gergaji chainsaw ke depan dan belakang.
  6. Cobalah tarik tali starter sebanyak 3-5 kali. Lalu tarik sekali lagi dengan tenaga yang cukup kuat untuk menyalakan mesin.
  7. Anda harus menekan handle chainsaw pada saat gas ditekan untuk mengunci gas.
  8. Kini gergaji chainsaw pun telah siap untuk digunakan.