Cara Memotong Papan GRC yang Benar

Bagaimana cara memotong papa GRC yang benar? Papan GRC (fiberflat) adalah bahan bangunan yang terbuat dari campuran semen putih, zat fiber, dan bahan kimia lainnya. Campuran tersebut lantas dicetak menjadi papan yang berbentuk lembaran-lembaran. Sekilas papan GRC ini mirip seperti tripleks. Tetapi material yang menyerupai beton ini memiliki beberapa keunggulan seperti kekuatannya sangat kokoh, strukturnya keras, memiliki permukaan yang rata, dan mudah diwarnai.

Papan GRC sangat berbeda dari papan asbestos. GRC board sama sekali tidak mengandung zat kimia asbestos sehingga lebih aman bagi kesehatan, terutama sistem saluran pernapasan. GRC board umumnya berwarna putih, kepingan satuannya cukup lebar, permukaannya halus, dan strukturnya cukup keras. Papan GRC ini bersifat anti air sehingga bisa diaplikasikan di ruangan-ruangan yang mempunyai tingkat kelembaban tinggi. Terdapat dua jenis papan GRC yang beredar di pasaran yaitu GRC board outdoor dan GRC board indoor.

cara-memotong-papan-grc.jpg

Kadang-kadang kita harus memotong papan GRC untuk pekerjaan tertentu. Tetapi proses pemotongan material ini tidak sama seperti memotong kayu atau tripleks. Anda membutuhkan teknik tersendiri supaya hasil potongannya lurus dan rapi. Jika Anda asal-asalan dalam memotong papan GRC, maka hasil potongannya tidak rapi sehingga sulit disambungkan dengan papan GRC lain yang ada di sampingnya. Pasti ada celah-celah lubang di antara sambungan tersebut yang mengakibatkan pekerjaan Anda bernilai minus.

Kali ini Arafuru akan berbagi seputar teknik pemotongan papan GRC yang benar.

Alat dan Bahan :

  • Papan GRC
  • Paku/pensil
  • Cutter
  • Gergaji
  • Penggaris besi
  • Meja kerja
  • Alas kaca (opsional)

Langkah-langkah :

  1. Siapkan terlebih dahulu area yang dapat Anda gunakan untuk bekerja. Disarankan untuk meja khusus supaya Anda lebih nyaman dalam bekerja. Kemudian letakkan selembar kaca tepat di atas meja kerja tersebut agar permukaannya licin. Hal ini akan mempermudah Anda dalam memotong papan GRC nantinya.
  2. Letakkan papan GRC yang akan dipotong di atas kaca. Tandai area yang akan dipotong menggunakan pensil/paku. Tempatkan penggaris besi tepat berada di atas garis tanda ini. Tahan posisi penggaris besi menggunakan tangan dan kaki Anda. Gunakan tangan kiri Anda untuk menahan ujung penggaris yang ada di depan, serta kaki kiri Anda untuk menahan posisi ujung garis yang belakang.
  3. Silakan ambil gergaji atau pisau cutter. Goreskan ujung gergaji/cutter tersebut persis di pinggir penggaris. Lakukan dengan tekanan yang penuh dan mantap. Pastikan Anda benar-benar mengikuti garis tanda yang telah dibuat sebelumnya. Goreskan ujung gergaji/cutter tersebut secara berulang-ulang sampai hasil goresan yang terbentuk sudah cukup dalam.
  4. Setelah dirasakan yakin hasil goresannya sudah cukup dalam, Anda bisa menginjak area papan GRC yang ditutupi penggaris besi dengan kedua kaki. Lalu posisikan kedua tangan Anda ke area papan GRC yang satunya lagi. Secara perlahan-lahan, gerakkan kedua tangan Anda untuk mematahkan papan GRC tersebut. Tarik atau doronglah papan GRC ini sampai terbelah dengan sendirinya.
  5. Proses pemotongan papan GRC pun telah selesai Anda lakukan. Perhatikan hasilnya dengan baik. Pastinya lebih lurus dan rapi dibandingkan menggergajinya secara langsung layaknya memotong papan kayu. Jika Anda belum puas dengan hasil pemotongan yang sekarang, teruslah berlatih menggunakan GRC board bekas supaya hasilnya lebih sempurna lagi.